Pengaruh Pemberian Beberapa Level Serat Kasar terhadap Performans Itik Kamang dan Efeknya Pada Masa Pemulihan

Ardiansah, Ari (2019) Pengaruh Pemberian Beberapa Level Serat Kasar terhadap Performans Itik Kamang dan Efeknya Pada Masa Pemulihan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER ABSTRAK)
Cover ARDI.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Skripsi Full Text ARDI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (583kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian beberapa level serat kasar terhadap performans itik Kamang jantan dan efeknya pada masa pemulihan. Penelitian ini menggunakan 100 ekor anak itik Kamang jantan yang ditempatkan pada kandang berukuran (75 cm x 60 cm x 50 cm ) sebanyak 20 kotak, masing-masing kotak berisikan 5 ekor itik Kamang jantan. Perlakuan dimulai umur 8 hari sampai umur 8 minggu. Pemberian beberapa level serat kasar dimulai hari ke-8 sampai minggu ke-8 (salama 7 minggu), selanjutnya masa pemulihan mulai awal minggu ke-9 sampai minggu ke-12 (selama 4 minggu). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 5 kelompok bobot badan sebagai ulangan, setiap unit ulangan terdiri dari 5 ekor. Perlakuan yang diberikan pada penelitian ini adalah level serat kasar A (Kontrol), B (8%), C (10%) dan D (12%). Variabel yang diamati adalah konsumsi pakan, pertambahan bobot badan, konversi pakan dan income over feed cost. Hasil analisis ragam menunjukan bahwa perlakuan pemberian level serat kasar sampai 12% berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap pertambahan bobot badan, konversi pakan dan berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap konsumsi ransum. Pada masa pemulihan perlakuan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap konsumsi pakan, pertambahan bobot badan dan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap konversi ransum. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan pemberian serat kasar sampai 8% selama 7 minggu dilanjutkan dengan pemberian ransum dengan serat kasar 6% pada masa pemulihan sampai akhir penelitian memperlihatkan konversi ransum yang rendah dan pendapatan yang paling tinggi jika dilihat dari income over feed cost.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Sabrina, Ms
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Itik Kamang Jantan,pemberian level serat kasar, masa pemulihan, performans, income over feed cost.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 27 Jul 2019 14:41
Last Modified: 27 Jul 2019 14:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48902

Actions (login required)

View Item View Item