Anosky, Revino (2013) Alasan Aktivitas Sosial Ekonomi Dalam Investasi Online VGMC (Studi Terhadap Investor VGMC di Kota Solok). S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Skripsi Full Teks)
ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK SOSIOLOGI 2013 REVINO ANOSKY 0810812045.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Investasi online adalah salah satu terobosan kegiatan investasi bagi masyarakat. Salah satunya adalah pada perusahaan tambang emas VGMC (Virgin Gold Mining Corporation) mereka membuka kesempatan bagi masyarakat untuk dapat berinvestasi secara online. Keberadaan investor VGMC salah satunya dapat dilihat di Kota Solok. Semua kegiatan transaksi pada kegiatan investasi online ini hanya dilakukan di dalam account pemilik saham yang dilakukan dengan menggunakan komputer dan internet. Peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui interaksi sosial dalam kegiatan investasi online VGMC. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan interaksi sosial dalam aktivitas investasi online VGMC. Sedangkan yang menjadi tujuan khusus dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan profil, latar belakang dan proses informan menjadi investor di VGMC serta mendeskripsikan interaksi sosial investor dalam melakukan kegiatan ekonomi investasi online VGMC. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Sedan^an untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Dan untuk mengumpulkan informan dilakukan dengan mekanisme bola salju (snowballing). Data dianalisa dengan menggunakan teori pertukaran sosial Homans. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa informan mengenal VGMC dari teman dan keluarga, dan memutuskan untuk bergabung karena telah melibat kesuksesan investor terdahulu. Interaksi sosial antara investor dan perusahaan terjadi dalam dua bentuk kontak sosial yaitu kontak sosial langsung yang terjadi disaat acara gala diner dan buka puasa bersama yang diadakan oleh perusahaan dan kontak sosial tidak langsung (ilakukan dalam semua kegiatan transaksi antara investor dan perusahaan hanya dilakukan di dalam account pemilik saham dengan bantuan media komputer dan internet, transaksi tersebut dimulai dari pembelian saham, trading, penukaran emas menjadi kredit, penarikan kredit dan top-up. Sedangkan interaksi sosial sesama investor juga teijadi dalam dua bentuk kontak sosial yang pcitania kontak sosial langsung teijadi disaat mereka bertcmu dan saling berbagi infomiasi seperti di cafe, dan di kantor, yang kedua kotak social tidak langsung teijadi saat mereka saling berbagi informasi melalui handphone dan media sosial network facebook. Sesama investor memiliki hubungan yang baik dan terlihat adanya sikap saling bantu dan keija sama di antara sesame investor. Mereka saling bantu jika ada yang menemukan kesulitan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Elfitra, M.Si; Machdaliza Masri, SH. M.Si |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Ms Dian Budiarti |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 02:51 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 02:51 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/488995 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |