KEMAMPUAN BERBICARA ANAK TERLAMBAT BICARA (SPEECH DELAYED) PASCATERAPI; STUDI KASUS PADA ZIKRA

MITA, LIANAH (2016) KEMAMPUAN BERBICARA ANAK TERLAMBAT BICARA (SPEECH DELAYED) PASCATERAPI; STUDI KASUS PADA ZIKRA. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full)
REVISI TESIS YES fix cil gh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk-bentuk linguistik anak yang mengalami keterlambatan berbicara pada kasus Zikra, mengetahui bentuk-bentuk gangguan expresif dan reseptif serta faktor-faktor yang menyebabkan anak mengalami keterlambatan berbicara. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini adalah bentuk-bentuk fonologis yang berupa kata-kata yang dituturkan oleh subjek. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode simak bebas libat cakap (SBLC) dengan menggunakan teknik rekam dan catat. Metode analisis yang digunakan adalah metode padan fonetis artikulatoris dan padan referensial. Selanjutnya penyajian hasil analisis data menggunakan metode formal dan informal. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa bentuk- bentuk gangguan ekspresif (produktif) yang dialami Zikra yaitu gangguan secara fonetis, bunyi vokal dan diftong tidak mengalami gangguan, sedangkan bunyi konsonan merupakan bunyi yang paling banyak mengalami penggantian dan penghilangan. Penambahan bunyi dan ketidakteraturan bunyi tidak ditemukan dalam tuturan Zikra. Gangguan berbahasa pada Zikra disebabkan oleh faktor kelainan organ bicara dan kebiasaan tidak mengunyah makanan. Gangguan reseptif yang dialami oleh Zikra adalah terdapat dalam persepsi sensoris (pengenalan simbol-simbol), Sedangakan pada visual (gambar) dan auditorik (suara) tidak mengalami gangguan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu linguistik
Date Deposited: 22 Apr 2016 06:56
Last Modified: 22 Apr 2016 06:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/4887

Actions (login required)

View Item View Item