Slogan Pada Iklan Minuman Di Televisl Swasta Nasional Di Indonesia (Kajian Pragmatik)

Purwanti, Purwanti (2013) Slogan Pada Iklan Minuman Di Televisl Swasta Nasional Di Indonesia (Kajian Pragmatik). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
ILMU BUDAYA SASTRA INDONESIA 2013 PURWANTI 0910722010.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Purwanti. "Slogan pada Ddan Minuman di Televisl Swasta di Indonesia (TinjauaoPragmatik)" SKRIPSI. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Dmu Budaya UniversitasAndalas, 2013. Pembimbing: 1. Dra. Efriyades, M.Huni., dan pembimbing 2. LeniSyafyabya, S.S., M.Hum.Slogan adalah perkataan pendek atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk menyampaikan sesuatu. Peran slogan dalam iklan minuman sebagai unsur dari merek yang memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan daya tank suatu produk. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan slogan yang ada pada iklan minuman yang ditayangkan di televisi swasta nasional di Indonesia, dan 2) mendeskripsikan dan menjelaskan makna slogan pada iklan minuman yang ditayangkan di televisi swasta nasional di Indonesia.Metode penelitian yang digunakan adalah metode yang dikemukakan oleh Sudaryanto yang terdiri atas tiga tahap, yaitu: 1) metode dan teknik penyediaan data, 2) metode dan teknik analisis data, dan 3) metode dan teknik penyajian basil analisis data. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik sadap terhadap slogan pada iklan minuman yang ditayangkan di televisi swasta nasional di Indonesia sejak tanggal 10 Februari hingga 10 maret 2013. Kemudian, digunakan teknik lanjutan Simak Bebas Libat Cakap (SBLC), dan teknik catat. Data dianalisis menggunakan metode padan pragmatis dengan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP).Berdasarkan analisis yang dilakukan, slogan pada iklan minuman yang ditayangkan ditelevisi swasta nasional di Indonesia memiliki perbedaan di tiap-tiap produknya, contohnya: iklan minuman Yakult memiliki slogan Cintai ususmu yakult ti(q> hari, iklan minuman Nu Milk Tea memiliki slogan Nu milk tea rasairya bikin nyaman! Slogan pada iklan minuman memiliki makna yang berkaitan erat dengan aspek-aspek kontekstualnya, yaitu: penutur, mitra tutur, tujuan tuturan, tuturan sebagai tindakan ataupun aktivitas, dan tuturan sebagai tindak verbal. Tiap-tiap slogan iklan minuman menyampaikan pesan makna tersendiri yang merupakan keunggulan dari produk minuman tersebut, seperti: makna mengimbau, mengajak, menginformasikan, dan meyakinkan mitra tutur. Kata kunci: Slogan, iklan minuman, makna, pragmatik.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dra. Efri Yades. M.Hum.,; Leoi Svafvahva, S.S.. M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Slogan, iklan minuman, makna, pragmatik.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Marne Dardanellen
Date Deposited: 18 Feb 2025 07:59
Last Modified: 18 Feb 2025 07:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/488656

Actions (login required)

View Item View Item