Muhammad, Ihsan (2025) ANALISIS PENGARUH BESAR JARI-JARI KURVATUR ROOF SPOILER TERHADAP KOEFISIEN DRAG PADA MOBIL MODEL TRUK MENGGUNAKAN SIMULASI ANSYS COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version Download (72kB) |
![]() |
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (41kB) |
![]() |
Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version Download (33kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (106kB) |
![]() |
Text (Full Skripsi)
Full Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi aerodinamika suatu kendaraan adalah bentuk geometri dari kendaraan. Mobil yang mempunyai luas penampang yang besar cenderung memiliki gaya aerodinamika yang buruk seperti pada mobil jenis truk. Hal ini diakibatkan karena semakin besar luas penampang dari suatu mobil tersebut maka nilai gaya hambat dari mobil tersebut juga akan semakin besar, sehingga akan mempengaruhi kecepatan dan konsumsi bahan bakar dari mobil tersebut. Berbagai cara telah dikembangkan untuk dapat menurunkan koefisien hambat pada kendaraan tipe truk salah satu nya dengan penambahan spoiler. Pada penelitian kali ini akan dilakukan inovasi berupa penambahan roof spoiler pada mobil tipe truk dengan variasi jari-jari kurvatur spoiler. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat kontur tekanan, kontur kecepatan, dan menghitung nilai koefisien hambat pada mobil truk akibat pengaruh dari memvariasikan jari-jari kurvatur pada roof spoiler. Pengujian dilakukan berupa pemasasangan roof spoiler dengan jarijari kurvatur yang bervariasi, yaitu 1000 mm, 1250 mm, 1500 mm, 2000 mm, 3000 mm, 4250 mm, dan 9000 mm pada sebuah model mobil truk. Simulasi menggunakan software Computational Fluid Dynamics (CFD), dengan menggunakan model turbulensi k-epsilon. Grid Independence Test dilakukan untuk meminimalkan kesalahan dan mengoptimalkan waktu iterasi. Hasil simulasi menunjukkan bahwa penggunaan spoiler dengan jari-jari kurvatur 1000 mm memiliki pengurangan koefisien drag tertinggi, yaitu sebesar 29%. Selain itu, penggunaan roof spoiler dengan jari-jari kurvatur 1000 mm dapat mengurangi konsumsi bahan bakar pada truk hingga 14.7%, sedangkan roof spoiler dengan jarijari kurvatur 9000 mm dapat mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 9.2%, dibandingkan dengan truk tanpa roof spoiler.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Gusriwandi, M.T. |
Uncontrolled Keywords: | Aerodinamika, Roof spoiler, Truk, Drag Coefficient, Drag Force, Computational Fluid Dynamic |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | s1 teknik mesin |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 06:45 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 06:45 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/488604 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |