Pitra, Naldi (2013) Kewajiban Pelaku Usaha Terhadap Perlindungan Konsumen Dalam Penerapan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Pada PT, Coca Cola Distribution Indonesia Central Sumatera Operation). S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Skripsi Full Teks)
HUKUM PERDATA BISNIS 2013 PITRA NALDI 07940075.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Berdasarkan Pengalaman YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) Selama 25 Tahun Beroperasi, Masih Banyak Permasalahan Yang Dihadapi Konsumen.. Pengusaha Dan Pemerintah Sering Mengabaikan Hak-Hak Konsumen, Baik Dalam Pelayanan Pada Masyarakat (Public Service) Maupun Dalam Penjualan Produk. Berdasarkan Kondisi Di Atas Maka, Keluarlah Undang-Undang No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, Yang Selanjutnya Disebut Dengan UUPK, Untuk Menyeimbangkan Kedudukan Antara Pelaku Usaha Dan Konsumen. Penulisan Skripsi Ini Mencoba Untuk Mengkaji Beberapa Perumusan Masalah, Yaitu: A) Bagaimana Bentuk Perlindungan Konsumen Oleh PT. Coca Cola Distribution Indonesia Central Sumatera Operation, B) Kendala-Kendala Yang Dihadapi Oleh PT. Coca Cola Distribution Indonesia Central Sumatera Operation Dalam Melaksanakan Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen. Dalam Penulisan Skripsi Ini Penulis Menggunakan Metode Penelitian Yang Bersifat Yuridis Sosiologis Yaitu Membandingkan Antara Teori Dan Praktek Yang Terjadi Di Lapangan. Untuk Mengumpulkan Data Penulis Selain Melakukan Studi Dokumen Juga Melakukan Wawancara Dengan Pihak PT. Coca Cola Distribution Indonesia Central Sumatera Operation. Dari Hasil Penelitian Yang Dilakukan Terlihat Bahwa Bentuk Perlindungan Konsumen Oleh PT. Coca Cola Distribution Indonesia Central Sumatera Operation Adalah Dengan Pemberian Standar Mutu Terhadap Produk, Menentukan Masa Kadaluarsa Terhadap Produk Yang Dihasilkan Dan Mencantumkannya Pada Kemasan Produk, Pemberian Label Halal Terhadap Produk. Kendala Yang Ditemui Dalam Perlindungan Konsumen Adalah Kurang Telitinya Pihak Penjual Dalam Pengecekkan Tanggal Kadaluarsa Produk, Kurang Telitinya Konsumen Dalam Pengecekkan Tanggal Kadaluarsa Saat Pembelian Produk, Keterlambatan Penjual Dalam Hal Pemulangan Produk Yang Sudah Kadaluarsa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr.Dahlil Marjon,SH,MH ; Firmansyah,SH |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | Ms Dian Budiarti |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 06:47 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 06:47 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/488536 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |