MAXRAMELA, DICIC (2012) Pelaksanaan Dan Penyelesaian Pembayaran Klaim Pembiayaan Rehabilitasi Asuransi Jaminan Sosial Tenaga Kerja Dalam Jaminan Kecelakaan Kerja ( Studi Kasus Di Pt. Jamsostek Cabang Padang ). S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text
HUKUM HUKUM PERDATA EKONOMI 2013 DICIC MAXRAMELA 04140112.pdf Download (3MB) |
Abstract
Di masa sekarang ini pembangunan ekonomi yang dilaicukan Bangsa Indonesia memerlukan dukungan investasi dalam jumlah memadai yang mana pelaksanaannya harus diupayakan sendiri. Salah satu upaya pemerintah adalah dengan mengumpulkan tabungan dari masyarakat. Upaya lainnya adalah dengan usaha perasuransian yang merupakan suatu lembaga keuangan yang penting peranannya. Dalam pembangunan terdapat iunsur-unsur yang menjalankan pembangunan tersebut yaitu pribadi dan badan hukum. Badan pribadi yang disebut juga manusia, dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya menjumpai banyak risiko yang sering datang tiba-tiba yang berakibat mengandung suatu kerugian dalam kecelakaan kerja. Dalam hal ini kadangkala manusia atau tenaga kerja itu sendiri tidak sanggup menanggung risiko tersebut, disinilah fungsi asuransi khususnya asuransi jaminan sosial tenaga kerja pada PT. Jamsostek yaitu menutup risiko yang dihadapi seseorang yang disebabkan oleh kecelakaan-kecelakaan kerja di luar kesalahannya. Penutupan risiko yang dimaksud adalah menerima pembayaran klaim jaminan kecelakaan kerja yang harus dipenuhi dulu syarat, prosedur yang telah disiapkan oleh asurador tersebut. Bertitik tolak dari hal inilah yang mendorong penulis untuk mengangkatnya ke dalam tulisan yang berbentuk skripsi dengan tujuan untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana sebenarnya prosedur pelaksanaan dan penyelesaian pembayaran klaim, klaim apa yang dijamin oleh PT Jamsostek khusunya menyangkut klaim pembiayaan rehabilitasi asuransi jaminan sosial tenaga kerja pada jaminan kecelakaan kerja. Sedangkan metode yang penulis pakai adalah yuridis sosiologis yaitu melalui pengumpulan data baik itu dengan wawancara, studi dokumen maupun dengan penelitian perpustakaan. Akhirnya setelah mengetahui proses pelaksanaan dan penyelesaian pembayaran klaim tersebut, maka saran penulis agar setiap perusahaan asuransi lebih banyak bersosialisasi memberikan informasi kepada masyarakat maupun perusahaan dan pihak-pihak yang bekerja sama dengan PT. Jamsostek untuk menambah wawasan mengenai dunia perasuransian seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Firmansyah, SH,; Wetria Fauzi,SH,MH |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | Ms Dian Budiarti |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 08:40 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 08:40 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/488308 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |