Fadhil, Ahmad (2025) KOMUNIKASI DALAM PENANGANAN KELUHAN PASIEN (HANDLING COMPLAINT) DI RS. KHUSUS BEDAH ROPANASURI KOTA PADANG. S2 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
cover + abstrak.pdf - Published Version Download (135kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I Scholar.pdf - Published Version Download (152kB) |
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (65kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka (2).pdf - Published Version Download (199kB) |
|
Text (Tesis Fulltext)
Tesis Fadhil Ahmad (2020862044).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penanganan komplain sangat penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien di institusi rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi handling complaint dan hambatan komunikasi pada handling complaint di Rumah Sakit Khusus Bedah Ropanasuri, Padang, Sumatera Barat. Metode kualitatif melalui wawancara semi-terstruktur digunakan untuk menggali informasi terkait penanganan keluhan pasien. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa handling complaint di Rumah Sakit Khusus Bedah Ropanasuri belum berjalan optimal dikarenakan masih saja ditemui komplain serupa dan berulang oleh para pasien baik terkait sarana prasarana yang belum memadai, dokter yang datang tidak sesuai jadwal, maupun petugas yang kurang cakap dalam melayani pasien. Ketiadaan standard operating procedure komunikasi terkait penanganan keluhan pasien diyakini menjadi penyebab proses komunikasi menjadi tidak maksimal. Hambatan komunikasi yang sering terjadi adalah miskomunikasi antara petugas rumah sakit dengan pasien terkait informasi masa rujukan, poli yang salah, dan pasien BPJS dari luar daerah yang tidak mengikuti prosedur yang benar. Penelitian ini menekankan pada pentingnya keberadaan standard operating procedure sebagai panduan untuk penanganan keluhan pasien serta pelatihan komunikasi efektif secara khusus pada pegawai di Rumah Sakit Khusus Bedah Ropanasuri.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ernita Arif, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Hambatan Komunikasi, Handling Complaint, Pasien |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S2 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s2 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 07:20 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 07:20 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/488185 |
Actions (login required)
View Item |