PENENTUAN UMUR SIMPAN TEPUNG SIAP OLAH BOLU KEMOJO DALAM KEMASAN ALUMINIUM FOIL DAN POLIPROPILEN DENGAN METODE ARRHENIUS

Feblin, Rahmadani (2019) PENENTUAN UMUR SIMPAN TEPUNG SIAP OLAH BOLU KEMOJO DALAM KEMASAN ALUMINIUM FOIL DAN POLIPROPILEN DENGAN METODE ARRHENIUS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full)
Skripsi full fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghitung umur simpan tepung siap olah bolu kemojo berdasarkan parameter kritisnya menggunakan metode Arrhenius dan mengetahui kemasan yang tepat untuk penyimpanan tepung siap olah bolu kemojo. Penelitian ini menggunakan metode eksploratif. Tepung siap olah bolu kemojo dikemas dengan kemasan aluminium foil dan polipropilen dan disimpan pada tiga suhu yang berbeda (30oC, 40oC, dan 50oC). Pengamatan dilakukan satu minggu sekali selama lima minggu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada minggu ke-2 pada penyimpanan 50oC tepung siap olah bolu kemojo telah mengalami penolakan berdasarkan uji organoleptik. Parameter kritis pada penentuan umur simpan didapatkan dari nilai energi aktivasi terendah dari pengamatan yang telah dilakukan. Parameter kritis pada kemasan aluminium foil dan polipropilen adalah warna. Persamaan Arrhenius tepung siap olah bolu kemojo pada kemasan aluminium foil adalah K = 312,3112. e-3179(1/T) dengan laju penurunan mutu k = 0,0087 per hari (penyimpanan suhu 30oC) dan umur simpan selama 158,31 hari. Persamaan Arrhenius tepung siap olah bolu kemojo pada kemasan polipropilen adalah K = 755,8817. e-3465(1/T) dengan laju penurunan mutu k = 0,0084 per hari (penyimpanan suhu 30oC) dengan umur simpan selama 150,95 hari. Umur simpan tepung siap olah bolu kemojo yang dikemas dengan kemasan aluminium foil lebih lama dibandingkan kemasan polipropilen yang berarti kemasan aluminium foil adalah kemasan yang terbaik untuk penyimpanan tepung siap olah bolu kemojo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Novelina, MS
Uncontrolled Keywords: Aluminium Foil, Arrhenius, Bolu Kemojo, Polipropilen, Tepung Siap Olah, Umur Simpan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 27 Jul 2019 12:43
Last Modified: 27 Jul 2019 12:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48781

Actions (login required)

View Item View Item