PENGARUH PENGGUNAAN SORGUM (Sorghum bicolar L. Moench) DAN TEPUNG DAUN INDIGOFERA (Indigofera zollingeriana) DALAM RANSUM TERHADAP KECERNAAN SERAT KASAR DAN KONSUMSI ENERGI METABOLISME AYAM RAS PETELUR

FATIMAH, ANDRIA ULFA (2019) PENGARUH PENGGUNAAN SORGUM (Sorghum bicolar L. Moench) DAN TEPUNG DAUN INDIGOFERA (Indigofera zollingeriana) DALAM RANSUM TERHADAP KECERNAAN SERAT KASAR DAN KONSUMSI ENERGI METABOLISME AYAM RAS PETELUR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan Sorgum dan tepung daun Indigofera dalamransumterhadapkecernaan serat kasar dan konsumsi energi metabolismeayamraspetelur.Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan dengan SorgumdantepungdaunIndigofera dengan komposisi ransum sebagai berikut : A (0% Sorgum + 0% Indigofera), B (10% Sorgum + 1% Indigofera), C (20% Sorgum + 2% Indigofera), D (30% Sorgum + 3% Indigofera)dan E (40% Sorgum + 4% Indigofera). Parameter yang diamati adalahkonsumsi serat kasar, kecernaan serat kasar dan konsumsi energi metabolisme. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa penggunaan SorgumdantepungdaunIndigoferatidakberpengaruh (P>0.05) terhadapkecernaan serat kasar, dan berpengaruh sangat nyata terhadap konsumsi serat kasar dan berpengaruh nyata terhadap konsumsi energi metabolisme. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Sorgum dan tepung daun Indigofera sebagai pengganti jagung dalam ransum dapat menurunkan konsumsi serat kasar, mempertahankan kecernaan serat kasar dan meningkatkan konsumsi energi metabolisme. Dengan pemberian Sorgum 40 %, tepung daun Indigofera 4 % yang mendapat probiotik Waretha tidak berpengaruh terhadap kecernaan serat kasar, tetapi berpengaruh nyata terhadap konsumsi energi metabolisme. Kata Kunci: Ayam Ras Petelur, Kecernaan Serat Kasar, Konsumsi Energi Metabolisme, Sorgum dan Tepung Daun Indigofera.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Hj. Wizna, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 26 Jul 2019 15:09
Last Modified: 26 Jul 2019 15:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48770

Actions (login required)

View Item View Item