Respon Pertumbuhan dan Hasil Bawang Merah (Allium cepa var ascalonicum L.)Terhadap Jenis Mulsa dan Pupuk Kompos Limbah Pertanian

Auva, Hidayah (2019) Respon Pertumbuhan dan Hasil Bawang Merah (Allium cepa var ascalonicum L.)Terhadap Jenis Mulsa dan Pupuk Kompos Limbah Pertanian. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan di Nagari Andaleh, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dari bulan November 2018 sampai Februari 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi yang terbaik antara pemberian jenis mulsa dan pupuk kompos limbah pertanian terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah, untuk mengetahui pengaruh jenis mulsa terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah dan untuk mengetahui pengaruh dosis kompos limbah pertanian terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah. Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah jenis mulsa (mulsa plastik perak, plastik hitam dan jerami padi) dan faktor kedua adalah pupuk kompos limbah pertanian (0, 10, 20 dan 30 ton/ha). Data dianalisi secara statistik dengan uji F pada taraf nyata 5% apabila F hitung lebih besar dari F tabel maka dilanjutkan dengan Uji Duncan’s New Multiple Range Tes (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya interaksi antara pemberian jenis mulsa dan pupuk kompos limbah pertanian. Jenis mulsa plastik hitam memberikan pengaruh terbaik terhadap tinggi tanaman, bobot segar umbi per rumpun, bobot kering umbi per rumpun, bobot segar umbi per hektar dan bobot kering umbi per hektar. Dosis pupuk kompos limbah pertanian memberikan pengaruh yang sama terhadap semua parameter pengamatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Warnita, MP
Uncontrolled Keywords: Bawang merah, mulsa, pupuk, kompos, limbah pertanian
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 26 Jul 2019 15:04
Last Modified: 26 Jul 2019 15:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48760

Actions (login required)

View Item View Item