Aplikasi Cendawan Endofit Beauveria bassiana (Bals.) Vuill Pada Benih Cabai (Capsicum annum) untuk Mengendalikan Myzus persicae (Hemiptera : Aphididae) dan Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman

Fadly, Syahirwan Putra (2019) Aplikasi Cendawan Endofit Beauveria bassiana (Bals.) Vuill Pada Benih Cabai (Capsicum annum) untuk Mengendalikan Myzus persicae (Hemiptera : Aphididae) dan Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (PENDAHULUAN))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR (PENUTUP))
BAB akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Cendawan endofit merupakan cendawan yang hidup dalam jaringan tanaman tanpa menimbulkan gejala sakit pada tanaman, sehingga memiliki potensi sebagai agen hayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan tiga isolat cendawan endofit B. bassiana dalam menghambat perkembangan populasi Myzus persicae dan meningkatkan pertumbuhan tanaman cabai. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan terdiri dari 3 isolat cendawan endofit B. bassiana (TD312, APKo dan P114) dan kontrol. Isolat cendawan endofit B. bassiana diaplikasi melalui perendaman benih selama 6 jam dengan konsentrasi 108 konidia/ml selama 6 jam. Parameter yang diamati adalah perkembangan populasi Myzus persicae, kemampuan kolonisasi, daya kecambah benih, pertumbuhan tanaman cabai (jumlah bibit muncul, tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah cabang dan panjang akar). Perlakuan cendawan endofit B. bassiana yang diaplikasi pada benih cabai mampu menurunkan perkembangan populasi Myzus persicae, mengkolonisasi tanaman cabai dan meningkatkan daya kecambah benih serta meningkatkan pertumbuhan tanaman cabai pada fase bibit. Isolat B. bassiana TD312 adalah isolat terbaik dalam menekan perkembangan populasi Myzus persicae. Isolat cendawan endofit B. bassiana TD312 dan P114 mampu mengkolonisasi bagian tanaman cabai pada umur 4, 6, dan 8 msi. Isolat cendawan endofit B. bassiana TD312 dan APKo mampu meningkatkan daya kecambah benih cabai dan meningkatkan pertumbuhan tanaman cabai pada fase bibit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Trizelia, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 26 Jul 2019 15:11
Last Modified: 26 Jul 2019 15:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48739

Actions (login required)

View Item View Item