Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention dalam Online Food Delivery (OFD) Pada Generasi Z dan Milenial (Studi Kasus: Shopeefood di Kota Padang)

Ridhamelia, Ridhamelia (2025) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention dalam Online Food Delivery (OFD) Pada Generasi Z dan Milenial (Studi Kasus: Shopeefood di Kota Padang). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (88kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Industri 4.0 merupakankonsep yang muncul akibat kemajuan teknologi dan disrupsi, serta berinovasi di sektor industri global salah satunya. bidang teknologi digital. Fenomena peningkatan dan penetrasi signifikan pengguna internet terjadi di Indonesia yang didominasi generasi Z dan Milenial berdasarkan data BPS dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia diprediksi mencapai 133 juta USD pada tahun 2025. Hal ini mencakup sektor e-commerce, transportasi, makanan, dan travel. Online Food Delivery (OFD) tumbuh signifikan di Indonesia, didukung oleh penggunaan internet yang luas. Layanan OFD saat ini didominasi oleh Gofood dan Grabfood. Shopeefood, sebagai pendatang baru menarik untuk dibahas, terutama dalam konteks pemasaran digital. Penelitian ini akan menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi purchase intention pada layanan OFD. Faktor pemasaran digital (digital marketing) (X1), perceived ease of use (X2), perceived usefulness (X3), akan dianalisis hubungannya dengan purchase intention (Y) konsumen Milenial dan gen Z pada Shopeefood. Penelitian ini akan menggunakan metode PLS-SEM dengan jenis penelitian survey untuk menguji hubungan antara variabel yang diteliti. Data dikumpulkan melalui media google form kepada konsumen yang pernah bertransaksi pada Shopeefood. Penelitian ini menghasilkan hubungan berpengaruh dan signifikan pada variabel digital marketing dan perceived usefulness terhadap purchase intention. Hubungan yang tidak berpengaruh dihasilkan oleh perceived ease of use terhadap purchase intention. Penelitian ini akan memberikan peningkatan proses bisnis dan pengambilan keputusan di sektor OFD berdasarkan pilihan konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Ikhwan Arief, S.T., M.Sc Armijal, S.T., M.Eng
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 23 Jan 2025 07:16
Last Modified: 23 Jan 2025 07:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/487374

Actions (login required)

View Item View Item