FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Winda, Astuti (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full)
Skripsi full. pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kepuasan pasien dianggap salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan pelayanan kesehatan. Depkes Tahun 2016 menetapkan bahwa standar nasional kepuasan pasien diatas 95%. Tetapi RSUP DR. M. Djamil Padang belum mampu memenuhi standar tersebut. hasil pengukuran bagian KMMRS didapatkan data kepuasan pasien 80.15% dimana lebih rendah dari ketetapan rumah sakit sendiri ≥ 85%. oleh sebab itu kepuasan pasien harus menjadi prioritas bagi rumah sakit dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUP DR. M. Djamil Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang di rawat di ruangan instalasi rawat inap Bedah dan Non Bedah RSUP DR. M. Djamil Padang yang berjumlah 725 orang dengan 258 sampel. Teknik pengambilan sampel secara proposional random sampling. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan September 2018 sampai Februari 2019. Pengumpulan data dengan kuesioner, analisis data univariat dengan distribusi frekuensi, analisis bivariat dengan uji chi-square dan analisis multivariat dengan regresi logistik. Hasil penelitian didapatkan kepuasan pasien sebagian besar (76,4%) menyatakan kurang puas terhadap pelayanan keperawatan. Faktor kehandalan sebanyak 80,2%, jaminan sebanyak 77,5%, bukti fisik sebanyak 81,8%, empati sebanyak 82,6% dan daya tanggap sebanyak 65,5% pasien menilai baik. Ada hubungan antara faktor reliability, assurance, tangible, empathy, responsiveness dengan kepuasan pasien dengan nilai p value ≤ 0,05. Dimensi yang paling dominan berpengaruh adalah dimensi responsiveness dengan nilai OR = 5.240. Disarankan kepada perawat untuk lebih tanggap terhadap kondisi pasien dan dapat memberikan bantuan sesuai kebutuhan pasien. Kata kunci : faktor-faktor kepuasan, kepuasan pasien, pelayanan keperawatan Daftar pustaka : 68 (2004 – 2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, S.Kp, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 29 Jul 2019 11:10
Last Modified: 29 Jul 2019 11:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48720

Actions (login required)

View Item View Item