Pengaruh Kinerja Pegawai dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tebo

Westi, Viva (2025) Pengaruh Kinerja Pegawai dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tebo. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Text (Bab I)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab VI)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (401kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (431kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Viva Westi 2010842034 FULL WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tebo mendapatkan penghargaan predikat penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tertinggi pada Tahun 2022 dan 2023 yang diberikan oleh Ombudsman Republik Indonesia dan terus berupaya meningkatkan kinerja pegawai dan kualitas pelayananannya. Namun, masyarakat yang melakukan pelayanan merasakan ketidakpuasannya terhadap kinerja pegawai dan kualitas pelayanan dilihat dari komentar langsung dan komentar pada platform online serta nilai hasil survey IKM yang menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kinerja pegawai dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tebo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Menggunakan uji validitas dengan korelasi Bivariate Pearson dan uji reliabilitas menggunakan metode Cronbachs Alpha. Dalam penelitian ini teknik pengujian hipotesis menggunakan Uji T (Parsial) dan Uji F (Simultan) menggunakan SPSS Versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menurut analisis statistik deskriptif, kinerja Dinas Dukcapil Kabupaten Tebo berada pada kriteria jawaban kategori baik dengan persentase 85,48%, kualitas pelayanan pada Dinas Dukcapil Kabupaten Tebo berada pada kriteria jawaban kategori baik dengan persentase 83,06%, serta kepuasan masyarakat pada Dinas Dukcapil Kabupaten Tebo berada pada kriteria jawaban kategori baik dengan persentase 83,75%. Berdasarkan hasil uji T menunjukkan adanya pengaruh kinerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat dan adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat. Hasil uji F juga menunjukkan adanya pengaruh antara kinerja pegawai dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat. Dari hasil uji koefisien determinasi, didapatkan nilai r2 sebesar 78,9%. Hal ini menunjukkan kinerja pegawai dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat sebesar 78,9%, sedangkan 21,1% kepuasan masyarakat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Roni Ekha Putera, S.IP, M.PA; Roza Liesmana, SIP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pegawai; Kualitas Pelayanan; dan Kepuasan Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: S1 Administrasi Public
Date Deposited: 22 Jan 2025 10:39
Last Modified: 22 Jan 2025 10:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/486978

Actions (login required)

View Item View Item