ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS SOSIAL KOTA BUKITTINGGI TAHUN 2022

Nabilla Gustia Utama Putri, Nabilla (2025) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS SOSIAL KOTA BUKITTINGGI TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
Cover Dan Abstrak.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (245kB)
[img] Text
VI PENUTUP.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/486575

Abstract

Pemerintah mempunyai peranan penting dalam menyediakan layanan publik bagi masyarakat. Setiap penyelenggaraan pelayanan harus memiliki standar pelayanan. Pada penelitian ini, peneliti menjelaskan kualitas pelayanan publik di Kota Bukittinggi khususnya di Dinas Sosial Kota Bukittinggi. Menurut hasil penilaian Ombudsman tahun 2022 Kota Bukittinggi mendapatkan peringkat dengan nilai 77,33 kategori kuning. Oleh karena itu yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kualitas pelayanan publik di Dinas Sosial Kota Bukittinggi tahun 2022. Penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, serta teknik pengumpulan data sekunder, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti mengunakan teori yang dikemukakan oleh Zeitham, Parasuraman & Berry yang terdiri dari Tangible (Bukti Langsung), Reliability (Kehandalan), Responsiviness (Daya Tangkap), Assurance (Jaminan), Emphaty. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rendahnya kualitas pelayanan di Dinas Sosial Kota Bukittinggi dikarenakan tidak adanya bukti langsung yang di serahkan oleh Dinas Sosial kepada Ombudsman pada saat penilaian dilakukan. Sarana dan prasarana juga menjadi salah satu pemicu rendahnya penilaian yang diberikan oleh Ombudsman kepada Dinas Sosial Kota Bukittinggi. Kata Kunci : Analisis pelayanan, kualitas pelayanan, Dinas Sosial

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Indah Adi Putri, M.IP Mhd Fajri, S.IP., MA
Uncontrolled Keywords: Analisis Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Dinas Sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 22 Jan 2025 06:34
Last Modified: 22 Jan 2025 06:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/486575

Actions (login required)

View Item View Item