STRATEGI PERIKLANAN OFFLINE TO ONLINE (O2O) OLEH STICKEARN SEBAGAI LAYANAN RETARGETING MELALUI IKLAN OOH DAN IKLAN DIGITAL

Putri, Nadia Rahmi (2024) STRATEGI PERIKLANAN OFFLINE TO ONLINE (O2O) OLEH STICKEARN SEBAGAI LAYANAN RETARGETING MELALUI IKLAN OOH DAN IKLAN DIGITAL. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (433kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Skripsi.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan)
Bab 5 Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text Skripsi Nadia Rahmi Putri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Layanan Periklanan Offline to Online (O2O) merupakan salah satu layanan dari iklan berbayar (paid ads) yang dimiliki oleh StickEarn untuk mengampanyekan suatu produk melalui dua platform iklan yang berbeda yaitu platform Iklan offline (Out of Home Advertising) dan platform iklan online (Digital Advertising). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi periklanan menggunakan layanan O2O dalam prosesnya melakukan retargeting iklan yang menciptakan efek double exposure yang dapat mempengaruhi khalayak untuk menyadari suatu brand yang dimiliki perusahaan klien. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Setelah data terkumpul kemudian di analisis untuk memperoleh kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan bahwa StickEarn memiliki layanan periklanan O2O sebagai layanan integrasi dua platform iklan yang berbeda. Media iklan yang di manfaatkan pada layanan ini berupa iklan OOH serta iklan digital seperti iklan Meta (Facebook dan Instagram) dengan memanfaatkan fitur MAID (Mobile Advertising ID) ponsel untuk dilakukannya proses retargeting iklan. Dalam implementasi strategi periklanannya, proses retargeting digunakan sebagai metode untuk memperkenalkan produk kepada audiens, sehingga meningkatkan kesadaran mereka terhadap keberadaan produk. Selanjutnya, pada pelaksanaan iklan dilakukan penayangan berulang, yang bertujuan untuk membuat pesan iklan lebih melekat di benak audiens. Pelaksanaan iklan O2O dimulai dengan penentuan baseline metric, eksekusi iklan OOH, mengumpulkan data MAID pelanggan, retargeting iklan melalui iklan digital (Meta Ads) dan pengukuran konversi iklan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 22 Jan 2025 03:49
Last Modified: 22 Jan 2025 03:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/486545

Actions (login required)

View Item View Item