Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan Pajanan Karbon Monoksida (CO) Terhadap Pedagang Kaki Lima Di Jalan Samudera Kota padang Tahun 2019

Haptiah, Haptiah (2019) Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan Pajanan Karbon Monoksida (CO) Terhadap Pedagang Kaki Lima Di Jalan Samudera Kota padang Tahun 2019. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftra Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Jalan Samudera merupakan jalan yang berada pada wisata pantai padang yang cukup padat aktivitas kendaraan maupun pedagang. Hal ini berpotensi dalam menyumbang gas karbon monoksida dari kendaraan dan sangat rentan terpajan pada pedagang kaki lima. CO dapat menyebabkan gangguan kesehatan berupa gangguan sistem saraf, sistem darah dan sistem pernapasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat risiko pajanan CO terhadap pedagang kaki lima di sepanjang Jalan Samudera Kota Padang tahun 2019. Metode Metode penelitian yang digunakan yaitu Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan (ARKL) yang bertujuan menghitung tingkat risiko kesehatan akibat pajanan agen-agen pencemar lingkungan dalam suatu populasi. Penelitian dilakukan pada bulan April hingga Mei 2019. Populasi dalam penelitian ini yaitu pedagang kaki lima. Pengambilan sampel menggunakan teknik sistematic random sampling sebanyak 54 responden. CO diambil pada 3 titik di sepanjang Jalan Samudera Kota Padang dengan menggunakan alat ukur impinger. Hasil Konsentrasi rata-rata CO di Jalan Samudera Kota Padang adalah 41,34 µg/m3. Lama pajanan pedagang kaki lima dengan median 8 jam/hari. Frekuensi pajanan dengan nilai median yaitu 357 hari/tahun, durasi pajanan dengan nilai median 2 tahun dan berat badan rata-rata responden yaitu 56,63 kg. Nilai intake realtime rata-rata yaitu 0,000316 mg/kg/hari sedangkan nilai intake lifetime rata-rata yaitu 0,004741 mg/kg/hari. Tingkat risiko yang didapatkan adalah RQ≤1 yang berarti tidak memiliki risiko yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Kesimpulan Konsentrasi CO di Jalan Samudera Kota Padang tidak menimbulkan gangguan kesehatan terhadap pedagang kaki lima dikarenakan masih dibawah nilai baku mutu. Diharapkan adanya kerjasama berbagai instansi pemerintah agar dapat mengambil langkah pencegahan terkait pajanan gas karbon monoksida. Daftar Pustaka : 59 (1983-2018) Kata Kunci : ARKL, CO, Jalan Raya, Pedagang Kaki Lima (PKL)

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Miladil Fitra, SKM., MKM.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 26 Jul 2019 10:15
Last Modified: 26 Jul 2019 10:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48649

Actions (login required)

View Item View Item