PENGARUH PERENDAMAN GIGI DENGAN TEH HIJAU (CAMELLIA SINENSIS) TERHADAP KEKERASAN PERMUKAAN EMAIL GIGI SETELAH DIRENDAM MINUMAN BERSODA

Dina, Kharina Ramadhani (2019) PENGARUH PERENDAMAN GIGI DENGAN TEH HIJAU (CAMELLIA SINENSIS) TERHADAP KEKERASAN PERMUKAAN EMAIL GIGI SETELAH DIRENDAM MINUMAN BERSODA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
bab1.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP/KESIMPULAN)
bab7.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (594kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
skripsifull.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar Belakang : Erosi gigi adalah kehilangan mineral-mineral penting struktur gigi akibat paparan asam yang terus menerus, dikarenakan pH yang rendah dan kalori yang tinggi yang terdapat pada minuman bersoda. Kehilangan unsur-unsur mineral pada email gigi bersifat reversibel atau masih dapat kembali seperti semula melalui proses remineralisasi. Penambahan fluor, kalsium, fosfor dari teh hijau dapat meningkatkan resistensi dari remineralisasi email terhadap asam dengan cara berikatan dengan mineral email dan membentuk senyawa fluorapatit. Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh perendaman gigi dengan teh hijau (Camellia Sinensis) terhadap kekerasan permukaan email gigi setelah direndam dengan minuman bersoda. Metode penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian true experimental laboratoris dengan rancangan penelitian pre-test and post-test with control group design. Sampel penelitian ini yaitu gigi premolar atas yang disesuaikan dengan kriteria inklusi. 10 sampel direndam dalam minuman bersoda selama 25 jam, kemudian sampel dibagi menjadi dua kelompok, 5 sampel direndam dengan teh hijau dan 5 sampel lagi direndam saliva buatan selama 25 jam. Pengukuran kekerasan gigi menggunakan Vicker Hardness Tester. Hasil : Analisa data menggunakan paired t-test. Kekerasan gigi menurun setelah direndam minuman bersoda (mean= 42,80 SD= 6,98) kemudian meningkat setelah direndam teh hijau (mean= 95,39 SD= 10,86) p<0,001. Meningkat juga pada kelompok yang direndam dengan saliva (mean=76,29 SD=11,33). Kesimpulan : Terdapat pengaruh perendaman dengan teh hijau (Camellia Sinensis) terhadap kekerasan permukaan email gigi setelah direndam dengan minuman bersoda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Hidayati, MKM
Uncontrolled Keywords: Erosi gigi, Minuman bersoda,Teh hijau, Vicker Hardness Tester
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 26 Jul 2019 11:19
Last Modified: 26 Jul 2019 11:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48614

Actions (login required)

View Item View Item