PENGARUH TERAPI KOMBINASI BEBERAPA OBAT ANTIHIPERTENSI DENGAN DIURETIK TERHADAP FUNGSI GINJAL PASIEN GAGAL JANTUNG KONGESTIF DI RSUD M.NATSIR SOLOK

Annisa, Annisa Nurbuana Putri (2019) PENGARUH TERAPI KOMBINASI BEBERAPA OBAT ANTIHIPERTENSI DENGAN DIURETIK TERHADAP FUNGSI GINJAL PASIEN GAGAL JANTUNG KONGESTIF DI RSUD M.NATSIR SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
cover.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB V. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img] Text (Skiripsi full text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Gagal jantung kongestif adalah ketidak mampuan jantung untuk memompa darah yang adekuat yang dapat menimbulkan gangguan ginjal. Gagal jantung kongestif menyebabkan penumpukan cairan atau udem. Hal ini bisa diatasi dengan pemberian diuretik yang bekerja pada ginjal dengan mengeluarkan udem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik sosiodemografi dan karakteristik klinis pasien serta mengevaluasi fungsi ginjal pasien yang mendapatkan terapi kombinasi antihipertensi dengan diuretik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional dengan rancangan studi cohort dan pendekatan retrospektif. Jumlah sampel yang memenuhi kriteria adalah 52 pasien dengan karakteristik sosiodemografi yang didominasi oleh perempuan sebanyak 61,5%, usia lebih dari 65 tahun 44,2%, tingkat pendidikan SMA 55,8% dan pekerjaan sebagai IRT (Ibu Rumah Tangga) 48,1%. Sementara karakteristik klinis pasien berdasarkan lama rawat terbanyak adalah 3 hari 36,5%, dan berat badan 40-47kg 19,2%. Dari 52 pasien yang mendapatkan terapi kombinasi antihipertensi dengan diuretik terdapat 25% (13 orang) yang memiliki fungsi ginjal normal, 40% (21 orang) mengalami gangguan ginjal ringan, dan 35% (18 orang) mengalami gangguan ginjal tingkat moderat. Berdasarkan analisa statistik tidak ada pengaruh penggunaan obat antihipertensi dengan diuretik yang signifikan terhadap fungsi ginjal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rahmi Yosmar, M.Farm,Apt
Uncontrolled Keywords: gagal jantung, karakteristik sosiodemografi dan klinis, fungsi ginjal
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 26 Jul 2019 09:49
Last Modified: 26 Jul 2019 09:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48613

Actions (login required)

View Item View Item