ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEKALAHAN PASANGAN PETAHANA (ALI YUSUF-ISMED) PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH DI KOTA SAWAHLUNTO TAHUN 2018

Tika, April Lasmi (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEKALAHAN PASANGAN PETAHANA (ALI YUSUF-ISMED) PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH DI KOTA SAWAHLUNTO TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover+Abstrak)
Cover+Abstrak-min.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I-min.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
BAB VI-min.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
tika full skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Pemilukada adalah salah satu ajang kontestasi pemilihan pemimpin setingkat kabupaten/kota/provinsi. Pemilukada serentak yang terbaru dilaksanakan pada bulan Juni 2018. Sumatera Barat termasuk salah satu provinsi yang melaksanakan pilkada di empat daerah kabupaten/kota. Banyak hal yang mewarnai pemilukada tersebut, salah satu yang menarik adalah fenomena kekalahan pasangan petahana (Ali Yusuf - Ismed) di Kota Sawahlunto. Petahana yang kembali berpasangan adalah hal yang jarang terjadi. Begitupun di Sumatera Barat, dari empat pemilukada yang diselenggarakan di Sumbar pada pilkada serentak 2018 kali ini terjadi pecah kongsi antar pasangan petahana di tiga daerah, hanya di Kota Sawahlunto pasangan petahana yang kembali maju bersama pasangan yang sama dengan sebelumnya. Petahana yang kembali berpasangan untuk mencalonkan kembali menunjukkan bahwa komunikasi diantara keduanya berjalan dengan baik dan harmonis. Hal itu juga berarti bahwa keduanya ingin kembali melanjutkan pembangunan di daerahnya. Namun dalam realitanya, pasangan petahana tersebut dikalahkan oleh pasangan penantang. Fokus dari penelitian ini adalah faktor-faktor yang menjadi penyebab kekalahan pasangan petahana pada pemilukada di Kota Sawahlunto tahun 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor yang menjadi penyebab kekalahan pasangan Petahana (Ali Yusuf - Ismed) pada Pemilihan Umum Kepala Daerah Kota Sawahlunto Tahun 2018. Dalam menganalisis faktor-faktor tersebut peneliti menggunakan konsep marketing politik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor penyebab kekalahan pasangan petahana Ali Yusuf – Ismed, diantaranya adalah karakteristik kepribadian Ali Yusuf yang kurang di sukai oleh masyarakat, kinerja kepemimpinan sebelumnya yang kurang memuaskan masyarakat, kurangnya promosi yang dilakukan oleh petahana, kelemahan tim internal pemenangan petahana dan kekuatan paslon lawan. Kata kunci: pemilukada, kekalahan petahana, marketing politik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Sri Zulchairiyah, M.Si
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 26 Jul 2019 11:32
Last Modified: 26 Jul 2019 11:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48488

Actions (login required)

View Item View Item