PENGARUH PERBEDAAN KONSENTRASI NaOH PADA PULPING KULIT JAGUNG SEBAGAI PENSUBSTITUSI PULP KARTON BEKAS PADA PEMBUATAN LEMBARAN EGG TRAY

EDI, PETRA TAMA (2019) PENGARUH PERBEDAAN KONSENTRASI NaOH PADA PULPING KULIT JAGUNG SEBAGAI PENSUBSTITUSI PULP KARTON BEKAS PADA PEMBUATAN LEMBARAN EGG TRAY. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan konsentrasi NaOH pada pulping kulit jagung terhadap rendemen dan bilangan kappa pulp kulit jagung yang dihasilkan dan mengetahui konsentrasi NaOH yang tepat untuk pulping kulit jagung sebagai substitusi pulp karton bekas pada pembuatan egg tray. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini ialah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Pengolahan data dilakukan secara statistik dengan uji F, kemudian jika berbeda nyata dilanjutkan dengan Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Perlakuan yang digunakan pada penelitian ini adalah lima konsentrasi NaOH yang berbeda pada pembuatan pulp kulit jagung. Perlakuan konsentrasi NaOH yang digunakan adalah : 7%, 9%, 11 %, 13% dan 15%. Pengujian bahan baku kulit jagung yang dilakukan adalah analisis kadar air, kadar abu, kadar holoselulosa, kadar selulosa, dan lignin sedangkan pengujian bahan baku karton produksi pabrik yaitu gramatur, density dan ketahanan tarik. Pengujian sifat kimia pulp yang dilakukan adalah rendemen pulp dan bilangan Kappa (Permanganat). Pengujian terhadap lembaran egg tray yang dihasilkan adalah uji kadar air, uji density, uji gramatur dan uji ketahanan tarik lembaran karton. Perbedaan konsentrasi NaOH pada proses pulping kulit jagung berpengaruh nyata terhadap bilangan kappa dan rendemen pulp. Konsentrasi NaOH pada pulping kulit jagung berpengaruh nyata terhadap kadar air lembaran karton, gramatur lembaran karton dan density. Namun tidak berpengaruh nyata terhadap ketahanan tarik lembaran karton. Perlakuan terbaik dari penelitian ini adalah menggunakan konsentrasi NaOH 15% pada pulping kulit Jagung dimana sifat lembaran karton yang dihasilkan mendekati sifat lembaran karton egg tray komersial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Ir.Anwar Kasim
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kulit jagung, konsentrasi NaOH, pulping, pulp kulit jagung, lembaran karton, rak telur.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 26 Jul 2019 11:28
Last Modified: 26 Jul 2019 11:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48478

Actions (login required)

View Item View Item