WICHAKSONO, PANDU (2014) Transparansi Informasi Produk Penghimpunan Dana Terhadap Nasabah Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Skripsi Full Text)
HUKUM BISNIS 2014 PANDU WICHAKSONO 0910112139.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Sebagai badan usaha, bank berkewajiban menerapkan tata kelola perusahaan yang baik sekaligus melindungi hak-hak pribadi nasabah. Salah satu upaya untuk mewujudkannya adalah dengan memberikan keterbukaan informasi atas produk-produk bank tersebut kepada nasabah dengan tujuan agar tidak terjadi kesenjangan informasi mengenai karakteristik produk bank yang ditawarkan kepada nasabah. Sejalan dengan hal tersebut. Bank Indonesia kemudian mengeluarkan Peraturan Bank Indonesia Nomon 7/6/PBI/2005 Tentang Transparansi Informasi Produk Bank Dan Penggunaan data Pribadi Nasabah, yang lebih lanjut mengatur tentang mekanisme perbankan atau bank umum dalam menerapkan transparansi mengenai informasi karakteristik suatu produk bank kepada nasabahnya. Didasari hal tersebut, penulis kemudian menuangkannya ke dalam bentuk skripsi dengan judul "Transparansi Informasi Produk Penghimpunan Dana Terhadap Nasabah Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Padang". Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis dengan menekankan aspek hukum berkenaan dengan penerapannya dilapangan. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui studi lapangan (wawancara) dan data sekunder melalui studi kepustakaan. Dari hasil penelitian di lapangan dapat disimpulkan bahwa PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Padang telah menerapkan transparansi informasi produk peghimpunan dana yang dimilikinya dengan cukup baik, meskipun masih perlu ditingkatkan lagi agar sesuai dengan ketentuan Peraturan Bank Indonesia Nomor: 7/6/PBI/2005 Tentang Transparansi Informasi Produk Bank Dan Penggunaan data Pribadi Nasabah. Penerapan tersebut bukan tanpa kendala, yang mana dapat diidentiflkasi kendala yang ditemui dalam penerapannya mencakup kepada kurangnya pengetahuan hukum petugas pelayanan nasabah, terbatasnya jumlah petugas pelayanan nasabah, dan masih rendahnya edukasi masyarakat tentang perlindungan hukum teriiadap nasabah itu sendiri melalui transparansi informasi produk penghimpunan dana pada bank. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut antara lain dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas petugas pada unit pelayanan nasabah, dimana kemudian hal tersebut diharapkan akan dapat meningkatkan edukasi masyarakat sebagai nasabah tentang perlindugan hukum bagi mereka melalui transparansi informasi produk penghimpunan dana pada bank.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | 1. Dr. Hj. Yulfasni, S.H., M.H.; 2. Andalusia, S.H., M.H. |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | Monalisa Fitri Andres |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 04:56 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 04:56 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/484403 |
Actions (login required)
View Item |