UJI BIODEGRADASI DAN KARAKTERISASI ISOLAT BAKTERI DARI TANAH GUNUNG JAYAWIJAYA, PAPUA TERHADAP PLASTIK SINTETIK POLIETILEN TEREFTALAT DAN POLISTIREN

Septia, Chandra Kesi (2019) UJI BIODEGRADASI DAN KARAKTERISASI ISOLAT BAKTERI DARI TANAH GUNUNG JAYAWIJAYA, PAPUA TERHADAP PLASTIK SINTETIK POLIETILEN TEREFTALAT DAN POLISTIREN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (51kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sekitar 140 juta ton polimer sintetik diproduksi di seluruh dunia setiap tahun. Dalam bidang farmasi, plastik sintetis digunakan sebagai bahan pembuatan botol infus, botol-botol obat sirup dan kemasan obat tetes mata. Plastik sintetis berjenis polietilen tereflatat dan polistiren sangat lambat didegradasi, sehingga menjadi masalah utama pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan kemampuan isolat bakteri dari tanah gunung Jayawijaya, Papua dalam mendegradasi plastik sintetik polietilen tereftalat dan polistiren. Metode penelitian yang digunakan meliputi karakterisasi isolat bakteri secara makroskopis, mikroskopis dan uji biokimia, kemudian dilakukan uji biodegradasi plastik sintetis polietilen tereftalat dan polistiren (Shake Flask Experiment) selama masa inkubasi 1 minggu, 2 minggu, 3 minggu dan 4 minggu menggunakan alat shaker inkubator. Hasil dari penelitian ini adalah 9 isolat bakteri yang dikarakterisasi merupakan genus Bacillus sp. dan dapat dikelompokkan menjadi 7 spesies bakteri yang berbeda. Lebih lanjut, 6 dari 7 spesies bakteri memiliki kemampuan mendegradasi plastik sintetik polietilen tereftalat dan polistiren, sedangkan 1 spesies yaitu bakteri ITP 6.2 tidak memiliki kemampuan tersebut. Pada masa inkubasi 4 minggu, persentase penurunan berat pada plastik polietilen tereftalat ditunjukkan oleh masing-masing bakteri yaitu ITP 3.4 sebesar 3,41%, ITP 10.4 sebesar 2,7%, ITP 3.1 sebesar 1,8%, ITP 6.3 sebesar 1,75%, ITP 3.2 sebesar 1,04%, dan ITP 10.5 sebesar 0,9%. Sedangkan persentase penurunan berat pada plastik polistiren ditunjukkan oleh masing-masing bakteri yaitu ITP 10.4 sebesar 11,11%, ITP 3.1 sebesar 11,11%, ITP 3.2 sebesar 10%, ITP 6.3 sebesar 10%, ITP 3.4 sebesar 7,4%, dan ITP 10.5 sebesar 3,7%. Kata Kunci: Bakteri, biodegradasi, polietilen tereftalat, polistiren.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rustini, M.Si, Apt
Uncontrolled Keywords: Bakteri, biodegradasi, polietilen tereftalat, polistiren.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 26 Jul 2019 08:59
Last Modified: 17 Jan 2023 04:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48380

Actions (login required)

View Item View Item