Pembangunan Sistem Informasi Layanan Pelaporan Kerusakan Fasilitas pada Gedung Perkuliahan Universitas Andalas Berbasis Mobile

Lubis, Tri Ayunia Patma (2024) Pembangunan Sistem Informasi Layanan Pelaporan Kerusakan Fasilitas pada Gedung Perkuliahan Universitas Andalas Berbasis Mobile. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover+Abstrak.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (Laporan Full Text)
Laporan TA - Tri Ayunia Patma Lubis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Universitas Andalas memiliki dua seksi yang bertanggung jawab atas pemeliharaan sarana dan prasarana di gedung perkuliahan, yaitu Seksi Perlengkapan & Logistik serta Seksi Pemeliharaan dan Pemanfaatan Sarana & Prasarana. Pemeliharaan ini sangat penting karena sarana dan prasarana memainkan peran krusial dalam keberhasilan program pendidikan. Fasilitas yang rusak tentunya harus segera dilaporkan agar proses penanganannya lebih cepat sehingga tidak mengganggu proses perkuliahan. Namun, proses pelaporan tersebut masih belum optimal karena terdapat beberapa kelemahan dalam sistem yang ada. Salah satu kelemahannya adalah belum tersedianya wadah yang aman untuk menyimpan dan mengorganisir dokumentasi laporan kerusakan fasilitas, yang menyulitkan bidang pemeliharaan gedung perkuliahan saat akan membuat laporan ke pimpinan. Oleh karena itu, pembangunan sistem informasi layanan pelaporan kerusakan fasilitas pada gedung perkuliahan Universitas Andalas menjadi penting untuk mengatasi masalah ini dan memberikan manfaat tambahan bagi para aktor yang terlibat. Aktor yang terlibat dalam sistem ini meliputi pelapor (civitas academica), penanggung jawab gedung, bidang pemelihara gedung perkuliahan, dan manajerial (pimpinan). Proses analisis dan perancangan sistem melibatkan BPMN, use case diagram, sequence diagram, class diagram, dan ERD. Pengembangan sistem dilakukan dengan metode Waterfall, dan dikembangkan menjadi platform web dan mobile. Sistem web dikembangkan dengan framework CodeIgniter4, sedangkan sistem mobile menggunakan bahasa pemrograman Kotlin dengan implementasi fitur push notification. Berdasarkan hasil pengujian, seluruh fungsionalitas sistem berhasil berjalan sesuai dengan kebutuhan objek penelitian. Dengan demikian, pembangunan Sistem Informasi Layanan Pelaporan Kerusakan Fasilitas di Gedung Perkuliahan Universitas Andalas Berbasis Mobile telah berhasil dibangun untuk mengatasi persoalan terkait pelaporan kerusakan sarana dan prasarana di gedung perkuliahan Universitas Andalas.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Husnil Kamil, M.T.
Uncontrolled Keywords: Pelaporan kerusakan, Sarana dan prasarana, Mobile, Web, Push Notification
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > S1 Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 12 Nov 2024 07:49
Last Modified: 12 Nov 2024 07:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/483747

Actions (login required)

View Item View Item