Strategi Nation Branding Thailand Dalam Memulihkan Industri Pariwisata Pasca Pandemi Covid-19

Rahmadhani, Wita Tri (2024) Strategi Nation Branding Thailand Dalam Memulihkan Industri Pariwisata Pasca Pandemi Covid-19. S1 thesis, Universitas andalas.

[img] Text (Abstrak)
Skripsi- Abstrak.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
skripsi -BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
skripsi- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (Skripsi fulltext)
skripsi full text_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai strategi yang dilakukan oleh pemerintah Thailand dalam pemulihan industri pariwisata Thailand pasca pademi Covid-19. Pada awal tahun 2020 terdapat sebuah virus baru bernama Covid-19 dan kemudian WHO mengumumkan bahwa dunia sedang dalam kondisi pandemi global. Dengan penyebaran virus yang cepat, Thailand menerapkan beberapa kebijakan pembatasan aktivitas sosial sebagai upaya untuk meminimalisir penyebaran. Diberlakukanya kebijakan tersebut membuat beberapa sektor penting di Thailand terdampak. Terutama pada sektor pariwisata. Pariwisata merupakan sektor pendukung pertumbuhan dan perekonomian negara, meningkatkan produktivitas negara dan menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran di Thailand. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah strategi untuk memulihkan industri pariwisata Thailand. Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk memaparkan mengetahui dan memahami mengenai strategi yang dilakukan oleh Thailand dalam memulihkan industri pariwisatanya pasca pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Dalam penelitian ini konsep yang digunakan adalah konsep nation branding yang dijelaskan oleh Keith Dinnie. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam proses pemulihan nya, Thailand melakukan re-branding pariwisata menggunakan media digital sebagai alat untuk promosi pariwisata dengan menggunakan tokoh publik seperti influencer, artis, pemilihan Ambassador dan tokoh terkenal lainya di masyarakat agar promosi dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang diharapkan dapat membantu dalam pemulihan pariwisata Thailand. Kata kunci: Pariwisata Thailand, Covid-19, Nation Branding, promosi, pemulihan pariwisata Thailand.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Peternakan > S1 Peternakan
Fakultas Peternakan > S2 Ilmu Peternakan
Fakultas Peternakan > S3 Ilmu Peternakan
Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > S1 Arsitektur
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 12 Nov 2024 09:38
Last Modified: 12 Nov 2024 09:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/483595

Actions (login required)

View Item View Item