SEJARAH BALAI PENELITIAN TANAMAN BUAH (BALITBU) TROPIKA DI KENAGARIAN ARIPAN KECAMATAN X KOTO SINGKARAK KABUPATEN SOLOK(1984-2015)

Marida, Putri Lana (2019) SEJARAH BALAI PENELITIAN TANAMAN BUAH (BALITBU) TROPIKA DI KENAGARIAN ARIPAN KECAMATAN X KOTO SINGKARAK KABUPATEN SOLOK(1984-2015). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1 COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
3 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
4 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
5 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img] Text (Skrupsi Rida Full)
6 Skripsi Rida Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

PERKEMBANGAN BALAI PENELITIAN TANAMAN BUAH (BALITBU) TROPIKA DI KENAGARIAN ARIPAN KECAMATAN X KOTO SINGKARAK KABUPATEN SOLOK (1984-2010) ABSTRAK Balitbu Tropika merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Puslitbang Hortikultura, Badan Litbang Pertanian, Kementrian Pertanian. Tugas Balitbu Tropika untuk mengembangkan komoditas prioritas, komoditas unggulan dan tren setter buah tropika dengan tujuan untuk membantu mensejahterakan masyarakat petani. Penelitian ini dilakukan di Nagari Aripan, Kabupaten Solok mengenai apa saja perkembangan yang terjadi di Balitbu Tropika dari awal mula berdiri sampai tahun 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang berdiri Balitbu tropika dan perubahan yang terjadi pada lembaga ini dilihat dari berbagai aspek, serta konstribusi nya yang dirasakan oleh masyarakat daerah sekitar lokasi kantor Balitbu Tropika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelian ini ada empat yaitu heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara dengan beberapa informan terkait, arsip Balitbu Tropika dan arsip nagari Aripan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Balitbu Tropika didirikan adalah sebagai bentuk upaya pemerintah dalam mewujudkan sistem pertanian yang tangguh agar memiliki daya saing tinggi lewat teknologi yang efektif, efesien dan berwawasan agribisnis. Semua teknologi pertanian yang berada di Balitbu Tropika pun mengalami pembaharuan yang semakin baik dari tahun ke tahun. Dapat dilihat dari fasilitas bangunan, bertambahnya kebun percobaan, koleksi perpustakaan hingga jumlah karyawan yang semakin bertambah dari segi kuantitas maupun kualitas. setiap tahunnya. Begitu juga dengan koleksi variates buah-buahan tropika yang terus dikembangkan, sudah menghasilkan ribuan bibit-bibit unggul. Begitu juga dengan pengaruhnya bagi daerah Aripan terutama petani. Tujuan utama dari Balitbu Tropika adalah menghasilkan bibit-bibit unggul untuk kemudian dapat dipergunakan oleh masyarakat agar mencapai kehidupan yang lebih sejahtera. Masyarakat Aripan sudah dapat merasakan pengaruh dari Balitbu Tropika. Petani-petani bertani buah-buahan hasil bibit unggul yang dikembangkan oleh Balitbu. Selain itu hampir setiap rumah masyarakat yang bukan petani menanam buah-buahan Tropika di perkarangan rumah mereka untuk berbagai. Jenis buah yang paling banyak ditanam masyarakat biasa ini adalah buah naga yang bibit nya didapat oleh Balitbu Tropika. Kata kunci : tanaman, buah, tropika

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Zaiyardam, M. Hum
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 26 Jul 2019 10:22
Last Modified: 26 Jul 2019 10:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48287

Actions (login required)

View Item View Item