otensi dan Karakter Parsial Bakteri Alami Susu Kambing Peranakan Etawa (PE) Segar Dalam Upaya Pencarian Kandidat Probiotik

Diki, Lois Fernando (2019) otensi dan Karakter Parsial Bakteri Alami Susu Kambing Peranakan Etawa (PE) Segar Dalam Upaya Pencarian Kandidat Probiotik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5. Penutup)
BAB AKHIR KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img] Text (Full-Text_Skripsi)
Full_Text_Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian mengenai “Potensi dan Karakter Parsial Bakteri Alami Susu Kambing (PE) Peranakan Etawa Segar Dalam Upaya Pencarian Probiotik” telah selesai dilakukan pada bulan Februari sampai Juni 2019 di Laboratorium Mikrobiologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberadaan bakteri, keberadaan bakteri fermentatif dan proteolitik, karakter dan potensi (fermentatif, dan proteolitik) isolat-isolat dalam susu kambing segar peranakan etawa dalam upaya pencarian kandidat probiotik. Penelitian ini menggunakan metode survey dan eksperimen yang dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total keberadaan bakteri alami susu kambing Peranakan Etawa (PE) segar berkisar antara (53-105x107cfu/ml), sedangkan pada bakteri pengasam berkisar antara (36-61x107cfu/ml), lalu diikuti dengan total keberadaan bakteri pelisis Protein berkisar antara (49-74x107cfu/ml), Terdapat sejumlah bakteri fermentatif dan Proteolitik dalam susu kambing segar peranakan etawa yang ditandai dengan terbentuknya zona halo (halozone) di sekitar koloni, Pada pengamatan potensi dan karakter didapatkan genus bakteri dari Lactobacillus, Streptococcus, Pseudomonas dan Alcaligenes dengan karakter makroskopis bentuk koloni Irregular, tepian koloni Undulate, elevasi koloni Raised dan warna koloni putih serta mikroskopis bentuk sel basil dan coccus dengan uji katalase negatif serta uji KOH 3% Negatif dengan Potensi Indeks Fermentatif tertinggi pada isolat SKE1-C sebesar 1.8, Indeks Proteolitik tertinggi pada isolat SKE2-B sebesar 1.9. Kata kunci : Bakteri Asam Laktat, Fermentatif, Probiotik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.PHIL.NAT NURMIATI
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 25 Jul 2019 17:05
Last Modified: 25 Jul 2019 17:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48269

Actions (login required)

View Item View Item