SINTESIS DAN KARAKTERISASI BIOKOMPOSIT PRECIPITATED CALCIUM CARBONATE-POLYPROPILENE CARBONATE (PCC-PPC) SEBAGAI BAHAN GIGI TIRUAN

Desi, Anisa Fitri (2019) SINTESIS DAN KARAKTERISASI BIOKOMPOSIT PRECIPITATED CALCIUM CARBONATE-POLYPROPILENE CARBONATE (PCC-PPC) SEBAGAI BAHAN GIGI TIRUAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL)
Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini telah dilakukan sintesis biokomposit Precipitated Calcium Carbonate- Polyprophylene Carbonate (PCC-PPC) dengan metode blending. Sintesis PCC yang digunakan untuk pembuatan biokomposit ini disintesis dengan metode karbonasi menggunakan kerang darah sebagai sumber kalsium. Penelitian bertujuan untuk mensintesis dan pengujian sifat kekerasan dan ketahanan dari bahan gigi tiruan yang telah disintesis. Hasil sintesis dikarakterisasi dengan X-Ray Fluorescence (XRF), Fourier Transform Infra Red (FTIR), Scanning Electron Microscopy (SEM) dan X-Ray Diffraction (XRD). Berdasarkan hasil XRF kerang darah mengandung kalsium sebesar 68,05% dan mengalami peningkatan setelah dijadikan PCC dan biokomposit. Hasil XRD untuk semua sampel (kerang darah, PCC dan biokomposit) menunjukkan jenis kristal yang terbentuk berupa kalsit. Sedangkan hasil analisis dengan FTIR mengindikasikan telah terjadi pergesaran pita serapan pada rentang 1400-1500 cm-1 yang menunjukkan perubahan vibrasi C-O yang berasal dari ion CO32- akibat terbentuknya biokomposit. Dan hasil analisis dengan SEM menunjukkan morfologi permukaan hasil sintesis biokomposit PCC-PPC berbentuk kubus yang permukaannya ditutupi oleh keberadaan PPC. Hasil biokomposit dicampurkan dengan Cairan Resin Akrilik (CRA) dan Tepung Resin Akrilik (TRA) dengan komposisi yang divariasikan membentuk sampel gigi tiruan diuji kekerasan dengan menggunakan Vicker Microhardness Tester dan didapatkan nilai rata-rata kekerasan gigi tiruan tertinggi pada variasi ke keenam 47,6 VHN, nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan standar gigi tiruan sebesar 30,6 VHN. Sedangkan untuk uji ketahanan gigi tiruan, pada perendaman larutan asam dan basa terjadi perubahan massa. Oleh karena itu biokomposit hasil sintesis bisa digunakan untuk meningkatkan kekerasan dan ketahanan gigi tiruan. Kata kunci: Kerang darah, PCC, PPC, biokomposit, gigi tiruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Novesar Jamarun
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 25 Jul 2019 16:39
Last Modified: 25 Jul 2019 16:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48262

Actions (login required)

View Item View Item