Pengaruh Pemberian Campuran Ekstrak Etanol Kulit Manis (Cinnamomum burmanii Blume) dan Biji Pala (Myristica fragrans Houtt) Terhadap Aktivitas Sistem Saraf Pusat Pada Mencit Putih Jantan

Fadhilah, Ulfah (2019) Pengaruh Pemberian Campuran Ekstrak Etanol Kulit Manis (Cinnamomum burmanii Blume) dan Biji Pala (Myristica fragrans Houtt) Terhadap Aktivitas Sistem Saraf Pusat Pada Mencit Putih Jantan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. Abstrak.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
2. Bab 1.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab akhir (Penutup))
3. Bab Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Obat tradisional berupa bahan tumbuhan, hewan, mineral yang telah digunakan untuk pengobatan turun menurun dan diyakini efek sampingnya lebih kecil. Kulit manis (Cinnamomum burmannii Blume) mengandung senyawa utama polifenol, flavonoid, sinamaldehida dan eugenol serta biji pala (Myristica fragrans Houtt) memiliki kandungan alkaloid, flavonoid dan polifenol yang mempengaruhi aktifitas sistem saraf pusat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kombinasi dosis dan lama pemberian terhadap aktivitas sistem saraf pusat meliputi parameter aktivitas motorik, rasa ingin tahu, daya ingat dan daya tahan. Pengujian terhadap sistem saraf pusat dilakukan dengan menggunakan metoda hole-board, T-maze dan uji gelantungHewan percobaan dibagi menjadi tujuh kelompok yaitu Na CMC, kafein 16mg/kg BB, ekstrak etanol kulit manis:pala (4:0), (3:1), (2:2), (1:3) dan (0:4). Pemberian sediaan uji dilakukan selama 15 hari. Analisis data menggunakan ANOVA dua arah menunjukkan faktor kelompok perlakuan dan lama pemberian sediaan uji berpengaruh secara nyata terhadap ke empat parameter (P<0,05) kecuali aktivitas motorik dan rasa ingin tahu tidak dipengaruhi oleh lama pemberian(P>0,05). Aktivitas daya ingat dan daya tahan memberikan efek optimum pada hari ke 15dengan nilai rata-rata±SD yaitu12,50±4,20 dan 20,42±4,25. Pada hasil penelitian didapatkan tidak ada kelompok perlakuan yang melebihi efek kafein sebagai pembanding namun memiliki efek lebih tinggi dari Na CMC. Pemberian pada semua kombinasi untuk motorik, daya ingat dan daya tahan berefek stimulan. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa kombinasi ekstrak etanol kulit manis dan biji pala berpengaruh secara nyata (P<0,05) terhadap aktivitas sistem saraf pusat pada hewan percobaan. Kata kunci: Ekstrak kulit manis dan biji pala, sistem saraf pusat, aktivitas motorik, rasa ingin tahu, daya ingat, daya tahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Ekstrak kulit manis dan biji pala, sistem saraf pusat, aktivitas motorik, rasa ingin tahu, daya ingat, daya tahan.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 25 Jul 2019 16:30
Last Modified: 25 Jul 2019 16:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48212

Actions (login required)

View Item View Item