FENOMENA OOTD (OUTFIT OF THE DAY) KOREAN STYLE FANBASE NCT ZEN DALAM MEMBENTUK PERSONAL BRANDING DI INSTAGRAM

Pratiwi, Anisa Risti (2024) FENOMENA OOTD (OUTFIT OF THE DAY) KOREAN STYLE FANBASE NCT ZEN DALAM MEMBENTUK PERSONAL BRANDING DI INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER dan ABSTRAK)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (462kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (432kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (560kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masuknya Budaya K-pop ini ke Indonesia menghasilkan berbagai macam kulturasi budaya mulai dari musik, tarian, dan juga fashion. Penelitian ini membahas salah satu budaya Korea yang sedang diperbincangkan oleh anak muda pada fandom NCT (NCTzen) yang ada di Kota Padang yaitu fashion Korean Style yang berkembang di media sosial menjadi trend OOTD (outfit of the day). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis trend OOTD anggota fanbase NCTzen di Kota Padang dalam mengikuti trend OOTD di Instagram dalam membangun personal branding dan juga menganalisis proses Personal Branding fanbase NCTzen melalui trend OOTD di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan paradigma Konstruktivisme. Pemilihan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teori yang digunakan yaitu teori elemen personal branding dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu dengan adanya komunitas NCTzen Kota Padang menjadi jembatan bagi para anggota komunitas untuk menyalurkan kesukaan mereka terhadap Kpop. Dan fenomena OOTD di Instagram menjadi cara untuk membangun personal branding, dan dalam prosesnya dibutuhkan komitmen untuk selalu berpenampilan dengan ciri khas masing-masing. Kemudian, presentasi yang dilakukan semua informan melalui komunikasi artifaktual dengan pesan melalui fashion yang informan kenakan sesuai dengan teori elemen personal branding. Seluruh informan menggunakan fashion yang berbagai macam, salah satu nya yaitu colorfull, chunky, dan feminim. Dari semua elemen personal branding yang ada hanya beberapa elemen saja yang digunakan informan, yaitu elemen konsistensi, kekhasan, Integritas, keaslian, visibilitas, kegigihan yang informan gunakan untuk membangun personal branding. Seluruh informan memanfaatkan OOTD (Outfit of the Day) untuk memperkuat branding dan OOTD sebagai sarana ekspresi gaya berpakaian informan, yang sering mencerminkan identitas mereka sebagai seorang penggemar K-pop.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Budaya K-Pop, Fashion, Fanbase, Personal Branding
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 08 Nov 2024 04:35
Last Modified: 08 Nov 2024 04:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/482022

Actions (login required)

View Item View Item