KOMUNIKASI UNTUK PERUBAHAN PERILAKU DALAM MENJAGA KEBERSIHAN SUNGAI (KAJIAN TENTANG GERAKAN SUNGAI BERSIH DI KOTA PADANG)

Ma'rifah Nur, Adnin (2019) KOMUNIKASI UNTUK PERUBAHAN PERILAKU DALAM MENJAGA KEBERSIHAN SUNGAI (KAJIAN TENTANG GERAKAN SUNGAI BERSIH DI KOTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK KOMUNIKASI UNTUK PERUBAHAN PERILAKU DALAM MENJAGA KEBERSIHAN SUNGAI (KAJIAN TENTANG GERAKAN SUNGAI BERSIH DI KOTA PADANG) Oleh: Ma’rifah Nur Adnin 1510862004 Pembimbing: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom Novi Elian, M.Si Gerakan Sungai Bersih (GSB) merupakan sebuah gerakan sosial yang dibentuk untuk mengatasi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah, khususnya pencemaran sungai di Kota Padang. GSB memiliki tujuan untuk bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan sungai, sehingga tidak lagi menjadikan sungai sebagai tempat sampah. GSB menggunakan teknik komunikasi persuasif dalam mencapai tujuannya. Teknik komunikasi persuasif merupakan salah satu teknik komunikasi yang digunakan untuk memengaruhi orang lain sehingga bisa melakukan sesuatu yang diinginkan oleh komunikator secara luwes dan tanpa paksaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik komunikasi persuasif yang dilakukan oleh GSB dalam mengubah perilaku masyarakat terhadap kebersihan sungai di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori Two-Step Flow of Communication dan Source Credibility Theory dalam memudahkan proses analisis permasalahan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Gerakan Sungai Bersih (GSB) menggunakan teknik komunikasi dua tahap. Pesan persuasi disampaikan terlebih dahulu kepada opinion leaders, lalu disampaikan ke masyarakat (sasaran pesan) oleh opinion leaders tersebut. Selain itu GSB juga melakukan beberapa cara dalam menyampaikan pesan persuasi, yaitu dengan menyelenggarakan berbagai event menarik yang berisi reward, serta melakukan pendekatan personal dengan masyarakat sekitar Sungai Batang Arau yang menjadi sasaran utama dari GSB. GSB mengalami beberapa hambatan dalam mencapai tujuannya. Hambatan tersebut terdiri dari hambatan psikologis, hambatan sosiologis, hambatan antropologis, dan hambatan teknis. Kata Kunci : Komunikasi persuasif, Gerakan Sungai Bersih (GSB), Two-Step Flow of Communication, Source Credibility Theory

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 25 Jul 2019 15:42
Last Modified: 25 Jul 2019 15:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48201

Actions (login required)

View Item View Item