Optimalisasi Media Sosial Instagram @Dailyatkgmedia Sebagai Media Komunikasi Internal Kompas Gramedia (Kg) Media

Andissa, Salsabila Humaira (2024) Optimalisasi Media Sosial Instagram @Dailyatkgmedia Sebagai Media Komunikasi Internal Kompas Gramedia (Kg) Media. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover_abstract_merged.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (BAB 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text (BAB 5)
bab 5.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Draft_Skripsi_Salsabila_Humaira_Andissa_Final (full text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Optimalisasi Instagram @dailyatkgmedia dilakukan oleh KG Media sebagai strategi meningkatkan efektivitas komunikasi internal yang dilatar belakangi oleh kurangnya kesadaran karyawan terhadap aktivitas internal perusahaan. Instagram dipilih karena mayoritas karyawan KG Media berasal dari Gen Z dan Milenial yang lebih familiar dan aktif menggunakan platform Instagram sebagai media komunikasi dan memperoleh informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan Instagram @dailyatkgmedia oleh tim Public Relations KG Media, dengan fokus pada optimalisasi Instagram sebagai media komunikasi internal karyawan. Pengelolaan akun ini dianalisis menggunakan konsep The Circular Model of SOME oleh Regina Lutrell, yang berfokus pada empat tahap utama: share, optimize, manage, dan engage. Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan upaya optimalisasi yang dilakukan tim Public Relations KG Media pada tahap share yaitu membangun partisipasi aktif memanfaatkan fitur feeds, stories, dan reels dengan menyajikan konten sesuai preferensi karyawan, serta membangun kepercayaan melalui konten ekslusif dan identitas perusahaan melalui logo di Instagram @dailyatkgmedia. Tahap optimize, dilakukan dengan proaktif memperoleh informasi internal, memantau waktu efektif Instagram dan menyajikan konten yang menarik dan eksklusif. Tahap manage, dilakukan melalui monitoring dengan fitur insight Instagram dan memberikan respon cepat untuk menjaga interaksi real-time. Tahap engage, dilakukan dengan memanfaatkan karyawan dan pimpinan sebagai brand influencer, serta menyediakan konten interaktif dan kolaboratif sesuai preferensi karyawan karyawan KG Media. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam upaya optimalisasi Instagram @dailyatkgmedia seperti fluktuasi engagement, perubahan algoritma, konsistensi dalam waktu respon dan keterbatasan sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Vitania Yulia, S.Sos, MA
Uncontrolled Keywords: Gen Z, Instagram, KG Media, Komunikasi Internal, Optimalisasi media sosial, The Circular Model of SOME
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 07 Nov 2024 06:46
Last Modified: 13 Nov 2024 02:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/481669

Actions (login required)

View Item View Item