PENGARUH ACADEMIC SELF-EFFICACY TERHADAP SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS YANG BEKERJA PARUH WAKTU

Eksel Putri, Mutiara (2024) PENGARUH ACADEMIC SELF-EFFICACY TERHADAP SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS YANG BEKERJA PARUH WAKTU. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (Bab Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
TUGAS AKHIR FULL TEXT (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada saat menjalani pendidikan di perguruan tinggi, kuliah sambil bekerja paruh waktu sudah menjadi hal biasa yang dilakukan oleh mahasiswa. Ketika mahasiswa memutuskan untuk kuliah sambil bekerja, mereka perlu memiliki self-regulated learning yang baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi self-regulated learning adalah academic self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh academic self-efficacy terhadap self-regulated learning pada mahasiswa Universitas Andalas yang bekerja paruh waktu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Responden penelitian berjumlah 283 orang mahasiswa Universitas Andalas yang bekerja paruh waktu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling. Academic self-efficacy diukur menggunakan skala The Academic Self-Efficacy Scale (α = .934), dan self-regulated learning diukur menggunakan skala Self-Regulated Learning (α = .964) yang telah diadaptasi peneliti. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, diperoleh nilai p = .000 (p < .05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh academic self-efficacy terhadap self-regulated learning pada mahasiswa Universitas Andalas yang bekerja paruh waktu.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Meria Susanti, M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: academic self-efficacy, self-regulated learning, mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Psikologi
Depositing User: S1 Psikologi Psikologi
Date Deposited: 06 Nov 2024 06:56
Last Modified: 06 Nov 2024 06:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/481420

Actions (login required)

View Item View Item