PENGARUH JUMLAH PENGUSAHA KENA PAJAK DAN RESTITUSI PPN TERHADAP PENERIMAAN PPN (Studi Empiris pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bukittinggi Tahun 2014-2018)

Dinta, Fayuma (2019) PENGARUH JUMLAH PENGUSAHA KENA PAJAK DAN RESTITUSI PPN TERHADAP PENERIMAAN PPN (Studi Empiris pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bukittinggi Tahun 2014-2018). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh jumlah pengusaha kena pajak dan restitusi PPN terhadap penerimaan PPN pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bukittinggi tahun 2014-2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengusaha kena pajak, jumlah restitusi PPN dan realisasi penerimaan PPN tahun 2014-2018 di KPP Pratama Bukittinggi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS IBM 23.0. Hasil pengujian menunjukkan bahwa jumlah pengusaha kena pajak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan PPN pada KPP Pratama Bukittinggi tahun 2014-2018, sedangkan restitusi PPN tidak berpengaruh terhadap penerimaan PPN pada KPP Pratama Bukittinggi tahun 2014-2018. Keterbatasan di dalam penelitian ini adalah, pertama, hasilnya tidak dapat digeneralisir karena objek penelitian ini hanya pada satu tempat, yakni, KPP Pratama Bukittinggi. Kedua, selama masa studi (2014-2018) tidak ada restitusi PPN di KPP Pratama Bukittinggi akibat Program Pengampunan Pajak yang dilaksanakan oleh pemerintah sehingga tidak ada pengaruh restitusi PPN terhadap penerimaan PPN. Penelitian mendatang disarankan untuk melakukan penelitian yang sama tetapi dilaksanakan di kantor pajak lain atau menggunakan beberapa kantor pajak sebagai objek penelitian agar konsistensi dan kemungkinan generalisasi hasil penelitian ini dapat diketahui. Penelitian di masa depan juga disarankan untuk menggunakan periode penelitian yang di dalamnya ada restitusi PPN sehingga pengaruh restitusi PPN terhadap penerimaan PPN dapat diuji. Kata Kunci : pengusaha kena pajak, restitusi PPN, penerimaan PPN

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aries Tanno, SE, M.Si, Ak, CA
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 25 Jul 2019 12:12
Last Modified: 25 Jul 2019 12:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48142

Actions (login required)

View Item View Item