N., Dhiya Almassyah (2024) ANALISIS KEGAGALAN DAN EVALUASI PERBAIKAN TANAH GAMBUT/ORGANIK MENGGUNAKAN METODE RIGID INCLUSION DI NAGARI KASANG, KECAMATAN BATANG ANAI, PADANG PARIAMAN. S2 thesis, Universitas Andalas.
Text (Tesis Full Text)
Tesis N. Dhiya Almassyah.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 5 November 2025. Download (20MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 5 November 2025. Download (591kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 5 November 2025. Download (493kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 5 November 2025. Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 5 November 2025. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tanah gambut merupakan jenis tanah yang memiliki sifat fisik dan kimia yang unik, sehingga memerlukan perbaikan khusus untuk meningkatkan stabilitas dan kekuatannya. Rigid inclusion dapat menjadi salah satu alternatif untuk memperbaiki tanah gambut. Pelaksanaan rigid inclusion ini harus memenuhi kriteria perencanaan yang telah ditentukan, salah satunya adalah tercapainya efek arching yang efektif sehingga sistem perbaikan tanah dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Konstruksi awal yang telah dilaksanakan pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Padang – Sicincin STA 4+400 – 4+600 tepatnya pada Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Padang Pariaman mengalami kegagalan akibat tidak tercapainya efek arching ini, sehingga diperlukan analisis lebih lanjut dan evaluasi rencana. Analisis dan evaluasi ini dilakukan pada data dan parameter konstruksi awal berupa parameter tanah, mutu material, dan rencana kerja yang digunakan. Hasil dari analisis dan evaluasi menunjukkan bahwa kegagalan konstruksi sebelumnya disebabkan oleh ketidak sesuaian parameter tanah yang digunakan dengan kondisi asli lapangan, mutu material yang tidak mencukupi, dan rencana kerja yang kurang tepat. Evaluasi rencana menunjukan bahwa penyesuaian parameter tanah dengan kondisi lapangan, penambahan ketebalan LTP dan mutu geosintetik pada perkuatan LTP dari 100 kN/m menjadi 600 kN/m secara tranversal dan longitudinal, serta penambahan capping (kepala kolom) dan perkuatan timbunan badan jalan menggunakan 1 lapis geotekstil 100 kN/m memberikan hasil yang efektif dalam meningkatkan efek arching yang kemudian meningkatkan stabilitas tanah. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah menghitung tingkat keberhasilan hasil evaluasi ini dengan melakukan implementasi lapangan menggunakan instrumentasi geoteknik yang mendukung.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ir. ANDRIANI, S.T., M.T. |
Uncontrolled Keywords: | Tanah Gambut, Rigid Inclusion, Efek Arching, Instrumentasi Geoteknik |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Pascasarjana (S2) |
Depositing User: | s2 teknik sipil |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 08:01 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 08:01 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/481334 |
Actions (login required)
View Item |