Peran Reputasi Perusahaan dan Cost Leadership pada Pengaruh Luas Pengungkapan Website Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Bisnis Perusahaan

Nabila, Azzahra (2024) Peran Reputasi Perusahaan dan Cost Leadership pada Pengaruh Luas Pengungkapan Website Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Bisnis Perusahaan. S2 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (BAB 5 (Penutup))
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TESIS TTD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Tujuan pertama, memberikan bukti empiris peran mediasi reputasi perusahaan pada pengaruh luas pengungkapan website CSR terhadap kinerja bisnis perusahaan. Tujuan kedua, memberikan bukti empiris peran moderasi cost leadership pada pengaruh luas pengungkapan website CSR terhadap kinerja bisnis perusahaan. Sampel penelitian terdiri dari perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2022. Penyampelan dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 386 sampel perusahaan-tahun. Sumber data penelitian berasal dari Datastream Revinitif Eikon dan website perusahaan. Variabel dependen pada penelitian ini merupakan kinerja bisnis perusahaan yang diukur menggunakan ROA sedangkan variabel independen pada penelitian ini merupakan luas pengungkapan website CSR yang diukur menggunakan checklist dari Branco dan Rodrigues (2006). Selain itu, penelitian ini juga menggunakan variabel mediasi yaitu reputasi perusahaan yang diukur menggunakan market to book ratio dan variabel moderasi yaitu cost leadership yang diukur sebagai jumlah kebalikan dari cost efficiency ratio, capital intensity ratio, dan capital expenditure ratio. Pengujian hipotesis menggunakan software STATA versi 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran reputasi perusahaan tidak memediasi pengaruh luas pengungkapan website CSR terhadap kinerja bisnis perusahaan. Sementara, peran cost leadership melemahkan pengaruh luas pengungkapan website CSR terhadap kinerja bisnis perusahaan. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa perusahaan perlu fokus pada pengungkapan CSR yang relevan dan terintegrasi dalam strategi bisnis untuk meningkatkan kinerja jangka panjang, sementara itu regulator perlu mempertimbangkan penguatan peraturan terkait pengungkapan website CSR.

Item Type: Thesis (S2)
Supervisors: Dr. Erna Widiastuty, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Luas Pengungkapan Website CSR, Kinerja Bisnis Perusahaan, Reputasi Perusahaan, Cost Leadership
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S2 Akuntansi
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 05 Nov 2024 08:12
Last Modified: 05 Nov 2024 08:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/481296

Actions (login required)

View Item View Item