Luthfi Azura, Danisa (2024) ANALISIS MARKETING POLITIK VANI UTARI DALAM ISU KEWIRAUSAHAAN PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2024 DI KOTA PADANG PANJANG. S2 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (146kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (431kB) |
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (74kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (186kB) |
|
Text (THESIS FULL TEXT)
full text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Vani Utari merupakan seorang perempuan milenial yang berhasil memenangkan kursi dalam pemilihan legislatif tahun 2024 dan menariknya Vani mengalahkan perolehan suara incumbent di Kota Padang Panjang. Proses ini melibatkan strategi marketing politik untuk mempromosikan diri di mata masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan teori Marketing Politik oleh Adman Nursal. Hasil penelitian menunjukkan tiga tahapan marketing politik: Pertama, Push Political Marketing Vani Utari mendekati pemilih secara langsung, terutama daerah yang dianggap masih ragu-ragu dalam memilih. Vani dan tim aktif melakukan pertemuan langsung dengan masyarakat untuk meyakinkan dan mengumpulkan umpan balik, yang kemudian digunakan untuk memperbaiki strategi kampanye. Vani memfokuskan kampanyenya pada pemberdayaan UMKM, yang merupakan penopang ekonomi lokal. Program UMKM Sejahtera, pendidikan, pelatihan, akses pendanaan, dan investasi infrastruktur menjadi tema yang Vani usung. Selain itu, Vani aktif dalam kegiatan sosial seperti bakti sosial, Vani berkomitmen untuk mempermudah akses modal usaha, meningkatkan pelatihan bisnis, dan menciptakan lingkungan usaha yang kondusif bagi UMKM. Kedua, Pull Political Marketing memanfaatkan media cetak dan elektronik untuk membangun citra positif Vani Utari. Tim sukses menggunakan berbagai alat promosi seperti spanduk, baliho, dan media sosial. Vani utari melakukan konsistensi pada disiplin pesan, timing, pengemasan, permainan ekspektasi namun tidak melakukan efisiensi biaya pada strategi pull marketing yang dilakukannya. Ketiga, Pass Political Marketing dengan melibatkan tokoh masyarakat dan Influencer untuk memperkuat pesan kampanye dan meningkatkan kredibilitasnya. Vani melakukan analisis Influencer dan penetapan tujuan pemasaran kepada Influencer yang Vani dan tim pilih. Kata Kunci: Marketing Politik, Perempuan, Pemberdayaan UMKM ABSTRACT Vani Utari is a millennial woman who successfully won a seat in the 2024 legislative elections, notably defeating the incumbent in Padang Panjang City. This process involved political marketing strategies to promote herself in the public eye. This research uses a qualitative case study approach with the theory of Political Marketing by Adman Nursal. The results showed that there are three stages of political marketing: Firstly, in Push Political Marketing, Vani Utari approached voters directly, especially in areas where voter sentiment was undecided. Vani and her team actively engaged in direct meetings with the community to persuade and gather feedback and was then used to refine campaign strategies. Vani focused her campaign on empowering UMKM are pillars of the local economy. The Prosperous UMKM program included themes of education, training, funding access, and infrastructure investment. Additionally, Vani was active in social activities such as social service, committing to facilitating business capital access, enhancing business training, and creating a conducive business environment for UMKM. Secondly, in Pull Political Marketing Vani utilized print and electronic media to build a positive image. The successful team used various promotional tools such as banners, billboards, leaflets, and social media. Vani maintained consistency in message discipline, cost efficiency, timing, packaging, and managing expectations in her pull marketing strategies. Thirdly, in Pass Political Marketing, Vani involved community leaders and Influencers to strengthen campaign messages and enhance credibility. Vani conducted Influencer analysis and set marketing objectives for chosen Influencers, emphasizing credibility and message reinforcement. Keywords: Political Marketing, Women, UMKM Empowerment
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Indah Adi Putri, M.IP Dr. Tengku Rika Valentina, M.A |
Uncontrolled Keywords: | Marketing Politik, Perempuan, Pemberdayaan UMKM |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S2 Ilmu Politik |
Depositing User: | s2 ilmu politik |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 07:43 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 07:43 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/481188 |
Actions (login required)
View Item |