ADRIAN, TRIANDHIKA BOER (2015) PERBANDINGAN KEDALAMAN PROBING GINGIVA PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 TERKONTROL DENGAN TIDAK TERKONTROL. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.
Text
201508031229rd_skripsi lengkap upload.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
Abstract
Latar Belakang : penyakit diabetes mellitus tipe 2 merupakan penyakit dengan prevalensi tertinggi di seluruh dunia. Salah satu manifestasi oral diabetes mellitus adalah penyakit periodontal. Tujuan : untuk mengetahui perbedaan kedalaman probing gingival pada penderita diabetes mellitus tipe 2 terkontrol dengan tidak terkontrol. Metode : penelitian ini dilakukan terhadap 84 orang penderita diabetes mellitus tipe 2 yang dipilih berdasarkan teknik aksidental random sampling. Dilakukan probing dengan teknik walking pada gigi indeks yaitu gigi 16, 21, 24, 36, 41, 44. Analisis data menggunakan uji statistic T-test dengan nilai p<0,05 sebagai batas derajat kepercayaan. Hasil : dari 84 sampel dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok terkontrol dan tidak terkontrol, didapat rata-rata kedalaman probing pada penderita diabetes mellitus tipe 2 terkontrol 3,57 mm dengan persentase 42,9% untuk kedalaman 3 mm dan 57,1% untuk kedalaman 4 mm, sedangkan rata-rata kedalaman probing pada pasien tidak terkontrol 4,52 mm dengan persentase 47,6% untuk kedalaman 4 mm dan 52,4% untuk kedalaman 5 mm. dilakukan perbandingan pada dua kelompok di atas dan didapat nilai p = 0,000. Kesimpulan : terdapat perbedaan yang bermakna dari perbandingan kedalaman probing gingival pada penderita diabtes mellitus tipe 2 terkontrol dengan tidak terkontrol. Kata Kunci : kedalaman probing gingival, diabetes mellitus tipe 2
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | Ms Ikmal Fitriyani Alfiah |
Date Deposited: | 05 Feb 2016 03:21 |
Last Modified: | 05 Feb 2016 03:21 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/481 |
Actions (login required)
View Item |