Febby, Fitriani (2024) Hiperrealitas Dalam Penggunaan Smartphone Pada Kalangan Remaja. S2 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (180kB) |
|
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (221kB) |
|
Text (BAB Penutup)
BAB Akhir.pdf - Published Version Download (122kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (152kB) |
|
Text (Tesis Febby Fitriani)
Tesis Febby Fitriani.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Smartphone menyediakan berbagai aplikasi instant messenger dan media sosial yang dapat mempermudah dalam berkomunikasi dan informasi. Namun di balik manfaat tersebut hiperrealitas saat ini tengah gencar terjadi dan terdapat banyak konsekuensi yang ditimbulkan. Oleh karena itu, pokok masalahnya adalah Bagaimana hiperrealitas dalam penggunaan smartphone pada kalangan remaja. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk hiperrealitas dan konsekuensi penggunaan smartphone melalui instant messenger dan media sosial pada kalangan remaja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara mendalam. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori hiperrealitas yang dikemukakan oleh Jean Baudrillard. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat beberapa bentuk hiperrealitas penggunaan smartphone pada kalangan remaja yang dilihat melalui dua konsep Baudrillard yaitu simulasi dan simulakra. Simulasi yang ditemukan yaitu hidup dalam sebuah simulasi digital, akronim dan emotikon kehilangan referensinya dan terobsesi menjalin pertemanan di dunia maya. Simulakra yang ditemukan yaitu mengaburkan identitas diri, berubahnya nilai guna ke nilai tanda, kaburnya dunia real, memburu popularitas instan, menampilkan kepalsuan. Sedangkan terdapat dua konsekuensi penggunaan smartphone pada kalangan remaja. Pertama, konsekuensi positif yaitu mendapatkan penghasilan dan meningkatkan prestasi akademik. Kedua, konsekuensi negatif yaitu menurunkan prestasi akademik, mengubah perilaku remaja, boros dan tidak menentunya waktu.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Alfan Miko, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Hiperrealitas, Remaja, Smartphone, Instant Messenger dan Media Sosial |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S2 Sosiologi |
Depositing User: | s1 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 06:51 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 06:51 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/480984 |
Actions (login required)
View Item |