Aulia Darma, Annisa (2024) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN HALUSINASI PENDENGARAN DENGAN PENERAPAN TERAPI PSIKORELIGIUS : DZIKIR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BUNGUS KOTA PADANG. Profesi thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (51kB) |
|
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (103kB) |
|
Text (BAB V (Penutup))
BAB V (Penutup).pdf - Published Version Download (37kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (161kB) |
|
Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Gangguan persepsi yang tidak diikuti oleh stimulus yang menyebabkan terjadinya persepsi sensorik palsu disebut dengan halusinasi. Halusinasi yang sering kali terjadi yaitu halusinasi pendengaran. Kementerian Kesehatan Indonesia mencatat bahwa di Indonesia 70% gangguan jiwa terbesar yaitu halusinasi. Serta kelompok halusinasi ini menempati 90% pasien di rumah sakit jiwa di seluruh indonesia. Upaya mengatasi halusinasi dapat secara non farmakologis diantaranya yaitu dengan terapi psikoreligius. Tujuan Penulisan karya ilmiah ini adalah memberikan gambaran tentang efektivitas terapi dzikir pada pasien halusinasi. Metode yang digunakan yaitu studi kasus. Hasil penerapan terapi dzikir ditemukan 3 gejala dari 14 aspek yang dinilai. Diharapkan dengan adanya penerapan terapi dzikir ini, pasien dengan halusinasi mampu mengontrol halusinasinya secara mandiri dan dibantu dengan keluarga.
Item Type: | Thesis (Profesi) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ns. Atih Rahayuningsih, M.Kep, Sp.Kep.J |
Uncontrolled Keywords: | Halusinasi pendengaran, Terapi Dzikir |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan > Pendidikan Profesi Ners |
Depositing User: | Program S1 Keperawatan |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 07:46 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 07:46 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/480854 |
Actions (login required)
View Item |