Chindy, dwi mayang sari (2021) DIMENSI MUTU TERHADAP PEMANFAATAN PELAYANAN POLI GIGI DI PUSKESMAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (cover+abstrak)
Cover+Abstrak.pdf - Published Version Download (265kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (324kB) |
|
Text (Bab Akhir)
Bab akhir (Penutup).pdf - Published Version Download (192kB) |
|
Text (daftar pustaka)
daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (327kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Mutu pelayanan kesehatan adalah derajat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku. Indikator mutu pelayanan dipengaruhi oleh kualitas sarana fisik, jenis tenaga yang tersedia, obat-obatan, peralatan kesehatan dan sarana penunjang lainnya. Faktor yang dapat mempengaruhi pemanfaatan pelayanan kesehatan diantaranya tingkat pendidikan, pengetahuan, pendapatan, dan akses. Tujuan penulisan untuk mengetahui pengaruh mutu terhadap pemanfaatan pelayanan poli gigi di puskesmas dan untuk mengetahui gambaran dimensi mutu yang banyak mempengaruhi pemanfaatan pelayanan poli gigi di puskesmas. Metode penulisan ini yaitu dengan mengkaji berbagai referensi yang berkaitan dengan lima jenis dimensi mutu pelayanan kesehatan yaitu tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (cepat tanggap), assurance (jaminan) dan emphaty (empati). Hasil dari penulisan ini yaitu sebagian besar dari literatur yang dijumpai menyatakan bahwa dimensi tangible, reliability, dan emphaty berhubungan signifikan terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan. Pada dimensi tangible banyak dipengaruhi oleh sarana dan prasarana seperti kelengkapan alat-alat, tampilan gedung yang bagus serta tampilan petugas yang rapi. Pada dimensi reliability dipengaruhi oleh kompetensi petugas (dokter gigi dan perawat gigi) dan hasil pekerjaan petugas yang bagus dalam memberikan pelayanan. Pada dimensi emphaty dipengaruhi oleh sikap petugas dalam memberikan perhatian secara individu kepada setiap pasien. Kesimpulan dari penulisan ini yaitu mutu dapat mempengaruhi pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi, sehingga disarankan pihak penyedia pelayanan kesehatan lebih meningkatkan seluruh aspek mutu yang terkait.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | drg. Febrian, MKM |
Uncontrolled Keywords: | Dimensi mutu, pemanfaatan pelayanan |
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi |
Depositing User: | s1 pendidikan dokter gigi |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 04:32 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 04:32 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/479649 |
Actions (login required)
View Item |