DINAMIKA KOMUNIKASI AMBAN PURUAK DALAM SISTEM KEKERABATAN MATRILINEAL MINANGKABAU (Studi Kasus : Konflik Penjualan Harta Pusaka Pada Kaum Tapi Selo Nagari Pagaruyuang)

Sintia, Putri (2019) DINAMIKA KOMUNIKASI AMBAN PURUAK DALAM SISTEM KEKERABATAN MATRILINEAL MINANGKABAU (Studi Kasus : Konflik Penjualan Harta Pusaka Pada Kaum Tapi Selo Nagari Pagaruyuang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover+abstrak)
cover+abstrak.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI SINTIA FIX)
SKRIPSI SINTIA FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kaum Tapi Selo Nagari Pagaruyuang menggunakan sistem kekerabatan berdasarakan garis keturunan ibu. Sistem ini juga mengatur pengelolaan harta pusaka. Dalam pengelolaanya terjadi dinamika komunikasi yang sangat komplek yang tidak jarang justru menimbulkan konflik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dinamika komunikasi dan faktor penghambat komunikasi antara amban puruak dengan ninik mamak urang ampek jinih dalam Sistem Kekerabatan Matrilineal Minangkabau di kaum Tapi Selo Nagari Pagaruyuang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan memakai konsep Dinamika Komunikasi Tatang dan Chatra untuk menganalisa dinamika komunikasi yang terjadi pada konflik jual beli harta pusaka di Kaum Tapi Selo Nagari Pagaruyuang, serta teori Resolusi Konflik untuk menganalisa proses dinamika komunikasi yang terjadi selama konflik serta mengetahui proses mengakhiri konflik. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah Konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Informan diambil dengan cara snowball sampling. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa terdapat tiga level dinamika komunikasi yang terjadi selama proses konflik, yaitu tinggi, rendah, dan sedang. Penelitian ini juga menemukan bahwa dalam menyelesaikan konflik juga diperlukan strategi komunikasi. Faktor penghambat komunikasi juga ditemukan dalam proses penyelesaian konflik diantaranya hambatan psikologis dan hambatan ekologis. Kata kunci : Dinamika Komunikasi, Amban Puruak, Konflik, Sistem Kekerabatan Matrilineal Minangkabau

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 25 Jul 2019 11:55
Last Modified: 25 Jul 2019 11:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47962

Actions (login required)

View Item View Item