KAJIAN SIFAT FISIKA TANAH PADA BEBERAPA KELAS LERENG Dl KEBUN KOPI ARABIKA {Coffea arabika) DI KENAGARIAN AIE DINGIN KABUPATEN SOLOK

SARI, NABILA PERMATA (2022) KAJIAN SIFAT FISIKA TANAH PADA BEBERAPA KELAS LERENG Dl KEBUN KOPI ARABIKA {Coffea arabika) DI KENAGARIAN AIE DINGIN KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
PERTANIAN ILMU TANAH 2022 NABILA PERMATA SARI 1710232013.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian menganai sifat fisika tanah pada beberapa kelas lereng di kebun kopi arabika {Coffea arabica) telah dilaksanakan di Kenagarian Ale Dingin Kabupaten Solok dari bulan Juni Idngga Desember 2021. Lahan yang digunakan oleb masyarakat Kabupaten Solok untuk menanam kopi merupakan lahan bekas alih fimgsi lah^n dari hutan ke tanaman pertanian pada lahan berlereng. Alih fungsi lahan ini dapat menyebabkan menurunnya fungsi tanah yang diawali degan kerusakan sifat fisika tanah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa sifat fisika tanah pada lahan yang ditanami kopi arabika pada beberapa kelas lereng di Kenagarian Aie Dingin. Penelitian dilakukan dengan metode survei. Pengambilan sampel tanah diambil secara purposive sampling berdasarkan kelas lereng pada lahan kopi umur 1 tahun (0-8%, 8-15%, 15-25% dan 25-45%) pada kedalaman 0-20cm. Sifat fisika tanah dianalisis di Laboraturium Fisika Tanah Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Data hasil analisis dibandingkan dengan table kriteria sifat fisika tanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kebun kopi arabika memiliki tekstur tanah kriteria lempimg dan lempung berdebu. Kandungan bahan organik tanah cenderung menurun dengan meningkatnya kelas lereng (0-8% sampai 25-45%). Herat volume tanah tergolong sedang (0,80-1,08 g/cm^), total ruang pori tergolong sedang (48,71-66,6%), sedangkan stabilitas agregat tanah tidak mantap hingga mantap (17,08-136.03%). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tegadi perbedaan sifat fisika tanah pada empat kelas lereng, dan pada keempat lereng sifat fisika tanah yang lebih baik yaitu pada lereng 0-8%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kelas lereng, bahan organik, sifat fisika tanah.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: Monalisa Fitri Andres
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:05
Last Modified: 26 Sep 2024 07:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/479599

Actions (login required)

View Item View Item