PERANCANGAN SISTEM AUTOMATIC TRANSFER SWITCH ANTARA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA DAN PLN UNTUK STASIUN PENGISIAN KENDARAAN LISTRIK

Ridho, Tullah Syahputra (2024) PERANCANGAN SISTEM AUTOMATIC TRANSFER SWITCH ANTARA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA DAN PLN UNTUK STASIUN PENGISIAN KENDARAAN LISTRIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (791kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (400kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir_Ridho Tullah Syahputra_2010951006.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Energi listrik merupakan komponen vital, terutama untuk kendaraan listrik. PT. PLN sebagai penyedia utama listrik di Indonesia menghadapi tantangan seperti pemadaman dan ketergantungan pada bahan bakar fosil. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) menjadi solusi berkelanjutan dengan potensi energi mencapai 112.000 GWp di Indonesia. Untuk memastikan kontinuitas energi, sistem Automatic Transfer Switch (ATS) digunakan untuk mengalihkan sumber listrik secara otomatis antara PLTS dan PLN. Sistem ATS menggunakan relay MK2P-I dan modul PZEM 004-T untuk memonitor pengisian kendaraan listrik. Mikrokontroler Arduino Mega 2560 mengendalikan sistem dan mengirim data ke Mikrokontroler NodeMCU ESP32 untuk pemantauan real-time melalui aplikasi Blynk berbasis Internet of Things (IoT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ATS mampu mengalihkan sumber listrik antara PLTS dan PLN secara efisien, dengan pembacaan tegangan, arus, daya, energi, dan biaya pengisian kendaraan listrik tanpa jeda. Sistem manajemen baterai PLTS menggunakan metode Coulomb Counting (CC) yang akurat dalam menghitung arus masuk dari panel surya dan arus keluar saat pengisian kendaraan listrik dalam berbagai kondisi pengoperasian baterai. Arus pembebanan baterai PLTS konstan dengan nilai rata-rata 4,23A saat pengisian kendaraan listrik menggunakan metode arus konstan. C-rating baterai PLTS diperoleh dalam kondisi discharging dengan arus keluar konstan 4,23A, menghasilkan C-rating sebesar 0,0423C. Baterai dengan kapasitas 100Ah dapat mencapai SoC 0% dalam waktu 23 jam 38 menit 4 detik, dan SoC 50% dalam 11 jam 49 menit 2 detik. Aplikasi Blynk berhasil menampilkan monitoring kinerja sistem ATS pengisian kendaraan listrik secara real-time.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Syafii, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: PLTS, ATS, CC, Blynk, monitoring, real-time
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 23 Sep 2024 08:03
Last Modified: 23 Sep 2024 08:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/479539

Actions (login required)

View Item View Item