Peralihan Hak Milik Atas Tanah Kebun Plasma Kelapa Sawit Melalui Jual Beli Di Bawah Tangan Pada Koperasi Bima I Nagari Abai

Febri, Admiral (2019) Peralihan Hak Milik Atas Tanah Kebun Plasma Kelapa Sawit Melalui Jual Beli Di Bawah Tangan Pada Koperasi Bima I Nagari Abai. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 4 Penutup)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img] Text (Tesis full text)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan industri perkebunan kelapa sawit di Indonesia dalam dua dekade terakhir berkembang dengan sangat pesat. Industri perkebunan ini tentunya sangat tergantung kepada tersedianya tanah yang akan dipakai untuk menanam kelapa sawit baik yang berasal dari tanah yang dikuasai Negara maupun tanah ulayat dan tanah pertanian masyarakat. Dengan kebutuhan akan tanah yang sangat banyak, maka tentunya pemerintah haruslah membuat regulasi yang dibutuhkan dan juga harus memastikan apakah regulasi yang telah dibuat telah dilaksanakan oleh pelaku usaha dan apakah masyarakat sekitar memperoleh manfaat dari adanya industri perkebunan kelapa sawit tersebut. Koperasi BIMA I Nagari Abai yang dalam tulisan ini sebagai objek penelitian merupakan salah satu realisasi industri perkebunan kelapa sawit yang mendapatkan tanah dari masyarakat Nagari Abai dan bermitra dengan masyarakat yang menyerahkan tanahnya dalam sebuah wadah koperasi. Hubungan hukum lengkap dengan segala hak dan kewajibannya yang terbentuk karena program kemitraan ini bersumber dari adanya perjanjian kemitraan antara PT. Binapratama Sakatojaya sebagai Bapak Angkat dan Koperasi BIMA I Nagari Abai sebagai Anak Angkat dan PT. Bank Mandiri, Tbk. sebagai penyedia kredit untuk pembangunan kebun plasma Koperasi BIMA I. Dalam pelaksanaan kemitraan tersebut ditemukan beberapa permasalahan yang harus diselesaikan segera. Beberapa permasalahan tersebut adalah: hubungan hukum yang terjadi antara PT. BPSJ dengan Bank Mandiri dan Koperasi BIMA I terkait dengan rincian utang dan pembiayaan kebun plasma Koperasi BIMA I; di samping itu juga banyaknya terjadi pengalihan tanah kebun plasma secara di bawah tangan yang tidak sesuai dengan aturan hukum pertanahan dan Anggaran Dasar koperasi BIMA I Nagari Abai.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Zainul Daulay, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Peralihan Hak Milik Atas Tanah Kebun Plasma Kelapa Sawit
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 25 Jul 2019 15:07
Last Modified: 25 Jul 2019 15:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47936

Actions (login required)

View Item View Item