Pengaruh Perendaman Benih Gaharu (Aquilaria malaccensis L) Dalam Larutan Minyak Cengkeh dan Media Penyimpanan yang Berbeda Terhadap Viabilitas dan Vigor

Lasri, May Iswanti (2019) Pengaruh Perendaman Benih Gaharu (Aquilaria malaccensis L) Dalam Larutan Minyak Cengkeh dan Media Penyimpanan yang Berbeda Terhadap Viabilitas dan Vigor. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover abstrak kolom.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman penghasil gaharu tergolong dalam kelompok tanaman hasil hutan bukan kayu, dengan produk utama berupa gubal yang memiliki aroma harum karena mengandung damar wangi. Benih tanaman penghasil gaharu memiliki sifat rekalsitran. Perlakuan selama penyimpanan sangat mempengaruhi viabilitas dan vigor benih setelah simpan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi minyak cengkeh terbaik dan media penyimpanan yang tepat untuk mempertahankan viabilitas dan vigor benih gaharu. Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Benih, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas dari bulan Januari sampai Maret 2019. Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola faktorial dua faktor. Faktor pertama yaitu konsentrasi minyak cengkeh dan faktor kedua yaitu media penyimpanan benih. Data pengamatan dianalisis dengan uji F pada taraf 5%, jika berbeda nyata maka dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perendaman benih dalam minyak cengkeh konsentrasi 0,15% dapat mengurangi benih terserang jamur selama 3 minggu penyimpanan, namun belum dapat mempertahankan viabilitas dan vigor benih gaharu. Media penyimpanan cocopeat, serbuk gergaji, dan sekam padi belum dapat mempertahankan viabilitas dan vigor benih dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Benni Satria, M.P
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 25 Jul 2019 10:03
Last Modified: 25 Jul 2019 10:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47912

Actions (login required)

View Item View Item