Studi Fenomenologi Tentang Penolakan Orang Tua Terhadap Pemberian Imunisasi MR (Measles Rubella) Pada Anak Di Puskesmas Dadok Tunggul Hitam Kota Padang Tahun 2019

Rahma, Dhani Fitri (2019) Studi Fenomenologi Tentang Penolakan Orang Tua Terhadap Pemberian Imunisasi MR (Measles Rubella) Pada Anak Di Puskesmas Dadok Tunggul Hitam Kota Padang Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I pendahuluan)
BAB I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI penutup)
BAB VI kesimpulan saran.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img] Text (skripsi fulltext)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Imunisasi MR merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit measles dan rubella. Cakupan imunisasi MR saat ini di Kota Padang adalah 51,63% yang tidak sesuai dengan target nasional yaitu 95%. Orang tua memiliki peran penting dalam memberikan keputusan kesehatan pada anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menggambarkan pengalaman orang tua dalam menolak pemberian imunisasi MR pada anaknya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan metode wawancara mendalam. Pemilihan partisipan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang didapatkan jumlah partisipan sebanyak 5 orang tua yang berada di wilayah kerja Puskesmas Dadok Tunggul Hitam Kota Padang. Data dikumpulkan berupa rekaman wawancara yang didapatkan dibantu dengan pedoman wawancara dan di analisis menggunakan teknik collaizi’s. Hasil penelitian didapatkan 3 tema utama yaitu Pengetahuan Orang Tua Mengenai Imunisasi MR, Sumber Informasi, dan Respon Orang Tua Terhadap Isu Imunisasi MR. Penelitian ini memberikan saran kepada pelayananan kesehatan untuk dapat meningkatkan pemberian pendidikan kesehatan mengenai imunisasi MR kepada orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti, S.Kp, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Imunisasi MR, Orang Tua, Penolakan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 25 Jul 2019 12:26
Last Modified: 25 Jul 2019 12:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47891

Actions (login required)

View Item View Item