PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG KUNYIT DAN MINERAL ZINC DALAM AIR MINUM SEBAGAI PENANGKAL STRES PANAS TERHADAP PERFOMANS PUYUH JANTAN PEDAGING (Coturnix-coturnix japonika)

Dedek, Anggur Darwati (2019) PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG KUNYIT DAN MINERAL ZINC DALAM AIR MINUM SEBAGAI PENANGKAL STRES PANAS TERHADAP PERFOMANS PUYUH JANTAN PEDAGING (Coturnix-coturnix japonika). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V .pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full Text .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung kunyit dan mineral zinc dalam air minum sebagai penangkal stres panas terhadap perfomans puyuh jantan pedaging (Coturnix-coturnix japonika). Penelitian ini menggunakan 120 ekor DOQ puyuh jantan pedaging. Perlakuan dimulai pada umur 2minggu sampai dengan umur 7 minggu. Kandang yang digunakan yaitu kandang berbentuk kotak sebanyak 20 unit. Masing-masing kotakkandang memiliki satu lampu pijar 25 wat, dan masing-masing kotak kandang ditempati 6 ekor puyuh jantan pedaging. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 4 perlakuan dan 5 ulangan yang terdiri dari A (0% kunyit – 0 ppm mineral zinc), B (0,1% kunyit – 20 ppm mineral zinc), C (0,2% kuniyt – 20 ppm mineral zinc), dan D (0,3% kunyit – 20 ppm mineral zinc). Parameter yang diukur adalah konsumsi air minum, konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum.Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian tepung kunyit dan mineral zinc dalam air minum memberikan pengaruh nyata (P<0,05) terhadap konsumsi air minum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum, tetapi memberikan pengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap konsumsi ransum yang mengalami stres panas pada suhu 33°C. Kesimpulandari penelitian ini bahwa pemberian tepung kunyit dan mineral zinc sebagai penangkal stres panas terhadap konsumsi air minum terbaik diperoleh pada perlakuan A yaitu air minum – tepung kunyit 0% dan mineral zinc 0 ppm dengan rataan 1423,3 ml/ekor, sedangkan pada pertambahan bobot badan dan konversi ransum terbaik diperoleh pada perlakuan D yaitu air minum – tepung kunyit 0,3% danmineral zinc 20 ppm dengan pertambahan bobot badan dengan rataan 73,32 g/ekor dan konversi ransum 7,30 g/ekor. Kata kunci : Puyuh jantan pedaging, Tepung kunyit, Mineral zinc, Air minum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Tertia Delia Nova, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 24 Jul 2019 16:15
Last Modified: 24 Jul 2019 16:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47868

Actions (login required)

View Item View Item