DAMPAK PROGRAM SIMPAN PINJAM PEREMPUAN TERHADAP PENDAPATAN PESERTA di JORONG LUBUAK AUR NAGARI CANDUANG KOTO LAWEH KECAMATAN CANDUANG KABUPATEN AGAM

LENI, PURNAMA (2019) DAMPAK PROGRAM SIMPAN PINJAM PEREMPUAN TERHADAP PENDAPATAN PESERTA di JORONG LUBUAK AUR NAGARI CANDUANG KOTO LAWEH KECAMATAN CANDUANG KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1_UP[1].pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
2_UP[1].pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
3_UP[1].pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4_UP[1].pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
UP_5.[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK LENI PURNAMA. 1210812006. Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas. Padang 2019. Judul Skirpsi: Dampak Simpan Pinjam Perempuan Terhadap Pendapatan Peserta di Jorong Lubuak Aur Nagari Canduang Koto Laweh Kecamatan Canduang. Pembimbing I Drs. Wahyu Pramono, M.Si dan Pembimbing II Dr. Indraddin, M.Si Dana Bantuan Langsung Masyarakat adalah dana yang bertujuan untuk menjalankan berbagai jenis program PNPM Mandiri Perdesaan yang bertujan untuk mengurangi masalah kemiskinan yang terjadi di Indonesia. Salah satu program PNPM Mandiri Perdesaan adalah bantuan langsung yang dikenal dengan nama Simpan Pinjam Perempuan. Program Simpan Pinjam Perempuan ini memiliki tujuan untuk membantu perekonomian rumah tangga miskin melalui penambahan modal usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apa saja penyebab berhasilnya program simpan pinjam perempuan dan mekanisme kontrol seperti apa yang diterapkan dalam program tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pemilihan informan dengan menggunakan cara porposive Sampling. Selain itu, untuk mendapatkan data yang mendukung dalam penelitian ini juga memenfaatkan data primer dari hasil observasi dan studi dokumentasi yang peneliti dapatkan saat dilapangan. Temuan dari penelitian ini mengenai keberhasilan program simpan pinjam dalam meningkatkan pendapatan peserta adalah adanya kesadaran dalam diri peserta untuk mempergunakan dana bantuan tersebut sebagai tambahan modal usaha. Selain itu sanksi yang diberikan bagi peserta yang mengalami tunggakan cukup berat dan memberika efek jera. Mekanisme kontrol yang mendukung keberhasilan ini adalah dengan adanya monitoring berkala yang dilakukan oleh pengurus terhadap peserta pinjaman. Monitoring tersebut dilakukan berkala sampai masa pinjaman telah selesai. Kata Kunci: Kemiskinan, Rumah Tangga Miskin, Simpan Pinjam Perempuan, Modal Usaha, Keberhasilan, Mekanisme Kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: . Drs.Wahyu Ppramono, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 24 Jul 2019 16:24
Last Modified: 24 Jul 2019 16:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47827

Actions (login required)

View Item View Item